Puspita, Fajar Dilla Ayu (2022) Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Di SMK Al-Huda Kota Kediri. Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.
Text
92401020003_prabab.pdf Download (884kB) |
|
Text
92401020003_bab1.pdf Download (228kB) |
|
Text
92401020003_bab2.pdf Download (374kB) |
|
Text
92401020003_bab3.pdf Download (193kB) |
|
Text
92401020003_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (484kB) |
|
Text
92401020003_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (296kB) |
|
Text
92401020003_bab6.pdf Download (155kB) |
|
Text
92401020003_daftarputaka.pdf Download (265kB) |
|
Text
92401020003_suratpernyataan.pdf Download (113kB) |
Abstract
ABSTRAK FAJAR DILLA AYU PUSPITA, 2022, Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMK Al-Huda Kota Kediri, Manajemen Pendidikan Islam, Pascasarjana, IAIN Kediri, Dosen Pembimbing: 1. Dr. Mukhammad Abdullah, M. Ag. 2. Dr. Hj. Mu’awanah, M.Pd. Kata Kunci: Manajemen Sumber Daya Manusia, Mutu Pendidikan Peningkatan pendidikan perlu dilakukan, untuk memperbaiki kualitas dari pendidikan itu sendiri. Keberhasilan pendidikan juga tergantung dari kualitas dumber daya manusia yang ada dalam lembaga pendidikan, yakni para tenaga pendidik dan kependidikan. Salah satu lembaga pendidikan yang lebih menekankan lulusan dengan keterampilan ialah SMK atau sekolah menengah kejuruan. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui proses pengelolaan sumber daya manusia di untuk meningkatkan mutu pendidikan mulai dari tahap perencanaan, pelatihan dan pengembangan, promosi dan evaluasi kinerja di SMK Al-Huda Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui metode wawancara, dokumnetasi dan observasi. Analisis data menggunakan model Miles and Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. dan untuk keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Proses perencanaan sumber daya manusia di SMK Al-Huda Kota Kediri dilakukan sesuai pada umumnya, akan tetapi juga mendapat masukan dari warga sekolah, hal ini memberikan dampak positif karena sekolah lebih dulu mengetahui trackrecord dari pelamar. Persyaratan lain bagi pelamar ialah harus NU (Nahdatul ulama). Hal ini akan terlihat dari proses seleksi bagian wawancara, dengan mengetes para pelamar untuk membaca Al-Fatihah, do’a Qunut, baca tulis Al-Qu’an. 2) Proses pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia di SMK Al-Huda Kota Kediri telah dilakukan dengan beberapa program, seperti IHT (In House Training) dengan mendatangkan narasumber dari luar untuk membantu pemahaman dari warga sekolah, MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran), Seminar atau Workshop,serta Vocational Education Development Center (VEDC) Malang bagi guru kejuruan. 3) Promosi yang terjadi di SMK Al-Huda dilakukan dengan beberapa syarat, yakni masa kerja atau profesionalitas dan juga kompetensi. 4) Proses penilaian kinerja atau evaluasi sumber daya manusia di SMK Al-Huda Kota Kediri dilakukan oleh kepala sekolah dengan proses pemantauan dilakukan setiap hari, atau sidak. Selain itu untuk menilai kinerja karyawan juga juga dilakukan oleh waka kurikulum dan kepala program untuk membantu kepala sekolah. Adapun kriteria evaluasi kinerja guru antara lain ialah administrasi guru, penyusunan RPP, dan juga pelaksanaan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan) |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Fajar Dilla Ayu Puspita |
Date Deposited: | 26 Sep 2022 08:16 |
Last Modified: | 26 Sep 2022 08:18 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/6338 |
Actions (login required)
View Item |