Ulfiah, Hetty (2021) Manajemen Kurikulum Berbasis Entrepreneurship di SMKN 2 Kediri. Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.
Text
92400819008_prabab.pdf Download (650kB) |
|
Text
92400819008)_bab1.pdf Download (148kB) |
|
Text
92400819008)_bab2.pdf Download (184kB) |
|
Text
92400819008)_bab3.pdf Download (123kB) |
|
Text
92400819008)_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
|
Text
92400819008)_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (107kB) |
|
Text
92400819008)_bab6.pdf Download (91kB) |
|
Text
92400819008_daftar_pustaka.pdf Download (95kB) |
|
Text
92400819008_suratpernyataan.pdf Download (273kB) |
Abstract
Hetty Ulfiah, 2021, Manajemen Kurikulum Berbasis Entrepreneurship di SMKN 2 Kediri, Manajemen Pendidikan Islam, Pascasarjana, IAIN Kediri, Dosen Pembimbing: 1. Prof. Dr. H. Nur Ahid, M.Ag. 2. Dr. Mukhammad Abdullah, M.Ag. Kata Kunci: Manajemen Kurikulum, Kurikulum, Entrepreneurship. Pendidikan harus dapat mempersiapkan peserta didik untuk mampu mengarungi kehidupan yang akan datang. Untuk menciptakan pendidikan yang berkualitas, pemerintah telah merancang kurikulum sebagai alat mencapai tujuan pendidikan. Kurikulum yang diterapkan di SMKN 2 Kediri diharapkan dapat meningkatkan kualitas lulusan SMK yang lebih baik. Salah satu indikasinya dari pengelolaan entrepreneurship, dimana siswa dapat menghasilkan produk siap jual dan menciptakan lapangan kerja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis lebih lanjut terhadap implementasi manajemen kurikulum, problematika dan solusi, serta dampak dari implementasi manajemen kurikulum berbasis entrepreneurship di SMKN 2 Kediri. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara mereduksi data, memaparkan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi manajemen kurikulum berbasis entrepreneurship di SMKN 2 Kediri berjalan dengan baik karena mampu meningkatkan kemandirian dan kreativitas peserta didik dalam mempersiapkan diri menghadapi dunia usaha dan dunia industri. Kurikulum yang digunakan adalah Kurikulum 2013 edisi revisi yang di dalamnya ada penambahan jam untuk mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan (PKK). Untuk mendukung pelaksanaan kurikulum berbasis entrepreneurship, SMKN 2 Kediri juga mempunyai beberapa program unggulan. Problematika dalam implementasi manajemen kurikulum berbasis entrepreneurship di SMKN 2 Kediri; antara lain kurangnya kesiapan guru dalam mengembangkan materi ajar, minimnya tenaga ahli dalam bidang kewirausahaan, masalah pembiayaan, tidak semua siswa memanfaatkan pembelajaran kewirausahaan dengan baik, masalah perizinan yang rumit, yang terakhir adalah jadwal evaluasi yang belum jelas. Dampak positif dari implementasi manajemen kurikulum berbasis entrepreneurship adalah siswa mendapatkan manfaat dalam pembelajaran kewirausahaan, membuka mindset kewirausahaan peserta didik tentang manfaat pentingnya menjadi seorang entrepreneur. Sedangkan untuk dampak negatif dari implementasi manajemen kurikulum berbasis entrepreneurship di SMKN 2 Kediri belum ditemukan karena dinilai memberikan banyak manfaat kepada siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development (Teori dan Pengembangan Kurikulum dan Pedagogi) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130205 Humanities and Social Sciences Curriculum and Pedagogy (excl. Economics, Business and Management) ; Kurikulum dan Pedagogi Humaniora dan Ilmu Sosial |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Hetty Ulfiah |
Date Deposited: | 26 Sep 2022 04:38 |
Last Modified: | 26 Sep 2022 04:43 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/6325 |
Actions (login required)
View Item |