Fu'ad, Sofi Nuril (2022) Manajemen Kurikulum Muatan Lokal Pendidikan Diniyah Di Sekolah Dasar Negeri Kedunglosari 2 Tembelang Jombang. Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.
Text
92401020012_PRA BAB.pdf Download (647kB) |
|
Text
92401020012_BAB I.pdf Download (251kB) |
|
Text
92401020012_BAB II.pdf Download (295kB) |
|
Text
92401020012_BAB III.pdf Download (190kB) |
|
Text
92401020012_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (606kB) |
|
Text
92401020012_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (193kB) |
|
Text
92401020012_BAB VI.pdf Download (96kB) |
|
Text
92401020012_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (164kB) |
|
Text
92401020012_LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
92401020012_LembarPernyataan.pdf Download (401kB) |
Abstract
Muatan lokal merupakan sarana dalam upaya pelestarian karakteristik ataupun kekhasan di lingkungan sekolah atau daerah dimana sekolah itu berada dengan memasukkan unsur dan kepentingan yang berasal dari budaya masyarakat setempat sebagai bahannya. Kabupaten Jombang merupakan salah satu daerah yang telah menerapkan muatan lokal yang sesuai dengan kebutuhan, ciri khas, dan kebudayaan di daerah Jombang, yakni muatan lokal pendidikan diniyah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen kurikulum muatan lokal pendidikan diniyah di Sekolah Dasar Negeri Kedunglosari 2 Tembelang Jombang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Data penelitian ini dikumpulkan melalui metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Narasumber yang menjadi sumber utama untuk memperoleh data, yaitu Bapak Suwito selaku kepala sekolah dan Bu Amalia Mega Puspita selaku guru Pendidikan Diniyah SD Negeri Kedunglosari 2 Tembelang Jombang. Metode yang digunakan dalam menganalisis data adalah dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen kurikulum muatan lokal pendidikan diniyah di Sekolah Dasar Negeri Kedunglosari 2 Tembelang Jombang dilakukan dengan proses: (1) Perencanaan kurikulum muatan lokal pendidikan diniyah, (2) Pelaksanaan kurikulum muatan lokal pendidikan diniyah, (3) Evaluasi kurikulum muatan lokal pendidikan diniyah. Penelitian ini mengungkapkan bahwa manajemen kurikulum muatan lokal pendidikan diniyah yang dilakukan oleh Sekolah Dasar Negeri Kedunglosari 2 Tembelang Jombang berjalan dengan dengan cukup baik dan lancar, serta sesuai dengan beberapa aturan dan prinsip yang telah ditentukan oleh Dinas Pendidikan dalam upaya membimbing satuan pendidikan.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development (Teori dan Pengembangan Kurikulum dan Pedagogi) |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Sofi Nuril Fu'ad |
Date Deposited: | 23 Sep 2022 06:20 |
Last Modified: | 23 Sep 2022 06:20 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/6309 |
Actions (login required)
View Item |