Implementasi Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Tematik Di Kelas 5C MIN 2 Kota Kediri

Hidayah, Titis Nur (2022) Implementasi Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Tematik Di Kelas 5C MIN 2 Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932604818_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932604818_bab1.pdf

Download (320kB)
[img] Text
932604818_bab2.pdf

Download (444kB)
[img] Text
932604818_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (554kB)
[img] Text
932604818_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (962kB)
[img] Text
932604818_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB)
[img] Text
932604818_bab6.pdf

Download (186kB)
[img] Text
932604818_daftarpustaka.pdf

Download (220kB)

Abstract

TITIS NUR HIDAYAH, 2022, Implementasi Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Tematik di Kelas 5C MIN 2 Kota Kediri, Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, Dosen Pembimbing : (1) Dewi Agus Triani, M. Pd. I dan (2) Ratna Wahyu Wulandari, M. Pd. Kata kunci : Pendidikan Karakter dan Pembelajaran Tematik Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara mengimplementasikan pendidikan karakter dalam pembelajaran tematik, contoh kegiatan yang diberikan dan hambatan dalam mengimplementasikan pendidikan karakter pada pembelajaran tematik di kelas 5C MIN 2 Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber data primer yakni hasil wawancara guru kelas sedangkan data sekunder yakni peserta didik dan RPP. Pengumpulan data ini dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendidikan karakter terdiri atas perencanaan dan pelaksanaaan pembelajaran tematik. Perencanaan pembelajaran yang digunakan berupa RPP yang dibuat sendiri oleh guru dan didalamnya terdapat pengintegrasian pendidikan karakter. Dalam hal pelaksanaan, guru mengimplementasikannya melalui kegiatan pembelajaran, kegiatan pembiasaan, serta menciptakan suasana belajar yang tertib. Dalam pembelajaran tematik guru menanamkan dan membiasakan peserta didik dengan kegiatan yang menunjukkan nilai karakkter tanggung jawab, jujur dan religius. Hambatan yang dilakukan guru dalam mengimplementasikan pendidikan karakter adalah lingkungan tempat tinggal siswa, dan dukungan keluarga

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Titis Nur Hidayah
Date Deposited: 30 Sep 2022 07:36
Last Modified: 30 Sep 2022 07:36
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/6276

Actions (login required)

View Item View Item