Hidayah, Titis Nur (2022) Implementasi Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Tematik Di Kelas 5C MIN 2 Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932604818_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
932604818_bab1.pdf Download (320kB) |
|
Text
932604818_bab2.pdf Download (444kB) |
|
Text
932604818_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (554kB) |
|
Text
932604818_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (962kB) |
|
Text
932604818_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (300kB) |
|
Text
932604818_bab6.pdf Download (186kB) |
|
Text
932604818_daftarpustaka.pdf Download (220kB) |
Abstract
TITIS NUR HIDAYAH, 2022, Implementasi Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Tematik di Kelas 5C MIN 2 Kota Kediri, Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, Dosen Pembimbing : (1) Dewi Agus Triani, M. Pd. I dan (2) Ratna Wahyu Wulandari, M. Pd. Kata kunci : Pendidikan Karakter dan Pembelajaran Tematik Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara mengimplementasikan pendidikan karakter dalam pembelajaran tematik, contoh kegiatan yang diberikan dan hambatan dalam mengimplementasikan pendidikan karakter pada pembelajaran tematik di kelas 5C MIN 2 Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber data primer yakni hasil wawancara guru kelas sedangkan data sekunder yakni peserta didik dan RPP. Pengumpulan data ini dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendidikan karakter terdiri atas perencanaan dan pelaksanaaan pembelajaran tematik. Perencanaan pembelajaran yang digunakan berupa RPP yang dibuat sendiri oleh guru dan didalamnya terdapat pengintegrasian pendidikan karakter. Dalam hal pelaksanaan, guru mengimplementasikannya melalui kegiatan pembelajaran, kegiatan pembiasaan, serta menciptakan suasana belajar yang tertib. Dalam pembelajaran tematik guru menanamkan dan membiasakan peserta didik dengan kegiatan yang menunjukkan nilai karakkter tanggung jawab, jujur dan religius. Hambatan yang dilakukan guru dalam mengimplementasikan pendidikan karakter adalah lingkungan tempat tinggal siswa, dan dukungan keluarga
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Titis Nur Hidayah |
Date Deposited: | 30 Sep 2022 07:36 |
Last Modified: | 30 Sep 2022 07:36 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/6276 |
Actions (login required)
View Item |