Pengaruh Dukungan Sosial Orang Tua Dan Iklim Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X SMKN 2 Kediri

Fadlillah, Imro'atul (2022) Pengaruh Dukungan Sosial Orang Tua Dan Iklim Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X SMKN 2 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932130718_PraBab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932130718_Bab1.pdf

Download (662kB)
[img] Text
932130718_Bab2.pdf

Download (840kB)
[img] Text
932130718_Bab3.pdf

Download (634kB)
[img] Text
932130718_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (668kB)
[img] Text
932130718_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (577kB)
[img] Text
932130718_Bab6.pdf

Download (329kB)
[img] Text
932130718_DaftarPustaka.pdf

Download (775kB)
[img] Text
932130718_Lampiran-Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Motivasi belajar merupakan dorongan yang muncul baik dari dalam maupun dari luar diri siswa yang dapat membuat siswa semangat dalam belajar. Data di lapangan menunjukkan bahwa beberapa siswa kelas X di SMKN 2 Kediri memiliki motivas yang kurang, peneliti berasumsi bahwa hal tersebut berkaitan dengan faktor yang mempengaruhi motivasi belajar. Motivasi belajar dipengaruhi oleh 2 faktor yaitu faktor internal dan eksternal. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi motivasi belajar adalah faktor eksternal yang mencakup dukungan sosial dan iklim sekolah. Dukungan Sosial yaitu pemberian dukungan yang berupa bantuan, semangat, perhatian, penghargaan dan pertolongan untuk menghadapi suatu masalah dalam diri seseorang. Sedangkan Iklim Sekolah diartikan sebagai suasana, karakteristik atau kepribadian dari suatu sekolah. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk : 1) Mengetahui Pengaruh dukungan sosial orang tua terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas X SMKN 2 Kediri. 2) Mengetahui Pengaruh iklim sekolah terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas X SMKN 2 Kediri. 3) Mengetahui Pengaruh dukungan sosial orang tua dan iklim sekolah terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas X SMKN 2 Kediri. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengapn jenis penelitian korelasi dan Subjek penelitian siswa kelas X SMKN 2 Kediri. Sampel penelitian ini berjumlah 106 siswa SMKN 2 Kediri dengan menggunakan teknik simple random sampling, penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Slovin dengan taraf kesalahan 5% sehingga jumlah yang di dapatkan 106 siswa, instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket dukungan sosial orang tua yang di susun berdasarkan teori Sarafino dan angket iklim sekolah yang disusun berdasarkan teori Jonathan Cohen serta angket motivasi belajar yang disusun berdasarkan angket Mark and Tombuch, teknik analisis yang digunakan adalah analisis data regresi linier sederhana dan analisis regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Ada pengaruh dukungan sosial orang tua terhadap iklim sekolah dengan nilai T hitung sebesar 7,045 > T tabel 1,663 dan nilai siginifikansi 0,000 dan koefisien determinasi R2=0,323 maka berpengaruh sebesar 32,3% dan sisanya yaitu 67,7% dipengaruhi faktor lain. 2) Ada pengaruh iklim sekolah terhadap motivasi belajar dengan nilai T hitung sebesar 9,785 > T tabel 1,663 dan nilai siginifikansi 0,000 dan koefisien determinasi R2=0,479 maka berpengaruh sebesar 47,9% dan sisanya yaitu 52,1% dipengaruhi faktor lain. 3) Ada pengaruh dukungan sosial orang tua dan iklim sekolah terhadap motivasi belajar siswa dengan nilai F hitung sebesar 69,146 > F tabel 3,084 dan nilai siginifikansi 0,000 dan koefisien determinasi R2=0,573 maka berpengaruh sebesar 57,3% dan sisanya yaitu 42,7% dipengaruhi faktor lain.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling (Konseling Pendidikan)
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170109 Personality, Abilities and Assessment
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Imro'atul Fadlillah
Date Deposited: 23 Nov 2022 04:19
Last Modified: 23 Nov 2022 04:19
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/6254

Actions (login required)

View Item View Item