Penanamam Nilai Karakter Disiplin Melalui Pembiasaan Shalat Dzuhur Berjamaah Di SMK PGRI 1 Kediri

Goworizki, Muhammad Bimo Arief (2022) Penanamam Nilai Karakter Disiplin Melalui Pembiasaan Shalat Dzuhur Berjamaah Di SMK PGRI 1 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932130015_bab1.pdf

Download (162kB)
[img] Text
932130015_bab2.pdf

Download (209kB)
[img] Text
932130015_bab3.pdf

Download (202kB)
[img] Text
932130015_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB)
[img] Text
932130015_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB)
[img] Text
932130015_bab6.pdf

Download (9kB)
[img] Text
932130015_prabab.pdf

Download (8MB)
[img] Text
932130015_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (961kB)
[img] Text
932130015_daftarpustaka.pdf

Download (141kB)
[img] Text
932130015_suratpernyataan.pdf

Download (71kB)

Abstract

viiiABSTRAKMUHAMMAD BIMO ARIEF GOWORIZKI, 2021, Penanaman Nilai KarakterDisiplinan Melalui Pembiasaan Shalat Dzuhur Berjamaah pada Siswa SMKPGRI 1 Kediri, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, FakultasTarbiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri. Dosen Pembimbing: (1)Dr. WAHIDUL ANAM, M.Ag dan (2) NOVI ROSITA RAHMAWATI, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara menanamkan pembiasaanshalat dzuhur berjamaah pada siswa di SMK PGRI 1 Kediri dan mengetahuifaktor pendukung juga penghambat pada pelaksanaan pelaksanaan penanamannilai karakter disiplin melalui pembiasaan shalat dzuhur berjamaah.Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif. lokasipenelitian ini berada di SMK PGRI 1 Kediri, Kec. Sukorame Kota Kediri ProvinsiJawa Timur. Data yang peneliti dapatkan, yakni melalui Waka yang bersangkutan,Guru, dan siswa. Metode yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi.Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa, cara atau strategiuntuk menanamkan pembiasaan shalat dzuhur berjamaah pada siswa di SMKPGRI 1 Kediri adalah, melalui pendampingan, penggerakan dan perintah, guru-guru berkeliling di setiap ruangan untuk membertahu dan memerintahkan kepadasiswa agar segera ke mushollah dan melakukan shalat dzuhur berjamaah. Selainitu guru juga memberikan pemahaman, dilakukan oleh wakil kepala sekolahbagian kesiswaan dan guru-guru baik ketika apel pagi dan ketika dalam ruangan.Pemberian contoh yang baik: kepala sekolah, guru-guru dan staf tata usaha (TU)di SMK PGRI 1 Kediri juga ikut melakukan shalat dzuhur berjamaah. Melaluipengawasan; Guru-guru melakukan pengawasan terhadap siswa sampai siswa itumelakukan shalat dzuhur berjamaah. Nilai kedisiplinan yang ditanamkan melaluipembiasaan shalat dzuhur berjamaah adalah disiplin waktu, siswa yangmelakukan shalat berjamaah dapat menumbuhkan kesadaran mengenaipentingnya waktu. Latihan kebersaman, Siswa yang melakukan shalat secaraberjamaah dapat membangun rasa kebersamaan dan menjadi penguat antar siswauntuk saling membantu ketika mnghadapi kesulitan. Kata kunci; Penanaman,Nilai Kedisiplinan, Pembiasaan, Shalat Dzuhur Berjamaah

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education (Pendidikan dan pelatihan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: M. Bimo Arief G
Date Deposited: 20 Sep 2022 04:18
Last Modified: 20 Sep 2022 04:18
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/6247

Actions (login required)

View Item View Item