Implementasi kurikulum muatan lokal dalam meningkatkan literasi membaca siswa mi bahrul ulum tambakberas jombang

Muwaffaq, Abdullah (2022) Implementasi kurikulum muatan lokal dalam meningkatkan literasi membaca siswa mi bahrul ulum tambakberas jombang. Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
921.018.20.002 _ Pra bab.pdf

Download (787kB)
[img] Text
921.018.20.002 _ BAB 1.pdf

Download (482kB)
[img] Text
921.018.20.002 _ BAB 2.pdf

Download (467kB)
[img] Text
921.018.20.002 _ BAB 3.pdf

Download (577kB)
[img] Text
921.018.20.002 _ BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
921.018.20.002 _ BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (519kB)
[img] Text
921.018.20.002 _ BAB 6.pdf

Download (264kB)
[img] Text
921.018.20.002 _ Daftar Pustaka.pdf

Download (159kB)
[img] Text
921.018.20.002 _ Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
921.018.20.002 _ Surat Pernyataan.pdf

Download (232kB)

Abstract

Kurikulum lokal yang merupakan bagian dari kurikulum nasional memiliki program pendidikan. Dilembaga didalam pesantren memiliki kurikulum muatan lokal yang sangat banyak karena sebagai lingkungan komunitas yang ingin mempelajari ilmu keagamaan secara mendalam. Keunikan besar yang menjadi perhatian pada fenomena kali ini adalah saat penulis melihat fenomena unik di Madrasah Ibtidaiyah Bahrul Ulum yang berbeda dari Madrasah pada umumnya yakni kurikulum intrakulikulernya. Tujuan yang hendak dicapai implementasi kurikulum muatan lokal dalam meningkatan literasi membaca siswa MI Bahrul Ulum Tambakberas Jombang dapat membentuk lulusan yang menguasai ilmu dan pengetahuan, terampil serta berakhlaqul karimah. Selain itu peserta diharapkan terampil membaca kitab (Matnu al Ghoyah wat Taqrib) Pembelajaran tersebut diharapkan agar siswa menjadi terbiasa membaca kitab kuning sesuai dengan yang tertera di Kompetensi Dasar (KD) yang berbunyi siswa dapat membaca kitab ala pesantren. Dan berharap nanti saat kelas 6 sudah bisa membaca kitab kuning yang tanpa ada harokat dan maknanya (gudul). Penelitian menggunakan jenis penelitian lapangan (field research). Penelitian lapangan yang merupakan sebuah jenis penelitian dengan orientasi pada pengumpulan data empiris di lokasi, Ada beberapa data yang yang peneliti gunakan dalam melaksanakan pengerjaan thesis ini, baik hasil wawancara dengan Kepala Sekolah MI Bahrul Ulum, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum MI Bahrul Ulum, Pendidik MI Bahrul Ulum, Siswa MI Bahrul Ulum yang disebut data primer dan salah satu karya orang lain seperti foto, artikel, berita dari surat kabar dan catatan harian juga dapat disebut data sekunder. Pelaksanaan implementasi kurikulum muatan lokal masuk didalam kurikulum intrakulikuler yang didalamnya dilengkapi dengan perangkat pembelajaran, system paket pengaturan beban belajar yang berlangsung selama 35 menit untuk kelas I s.d. kelas VI, beban belajar kegiatan tatap muka per minggu pada kelas I adalah 40 jam pembelajaran, kelas II adalah 46 jam pelajaran dan kelas III s.d. VI adalah 48 jam pembelajaran, Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang dibagi tiga tingkatan, di angka 70 ada mata pelajaran Qur'an, Tafsir, Tajwid, Hadits, Tauhid (Akidah), Akhlaq dan Tematik, di 65 ada Fiqih, SKI, Aswaja, Dan di 60 ada Bahasa Arab, Insya', Nahwu, Shorof, Matematika.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Abdullah Muwaffiq
Date Deposited: 21 Apr 2025 01:07
Last Modified: 21 Apr 2025 01:07
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/6224

Actions (login required)

View Item View Item