Manajemen Membaca Al-Qur'an menggunakan Metode UMMI untuk Mengatasi Keragaman Kemampuan Santri di Pesantren Pelajar Al-Fath Rejomulyo Kediri

Mustafida, Nur Alvi (2022) Manajemen Membaca Al-Qur'an menggunakan Metode UMMI untuk Mengatasi Keragaman Kemampuan Santri di Pesantren Pelajar Al-Fath Rejomulyo Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932412018_prabab.pdf

Download (633kB)
[img] Text
932412018_bab1.pdf

Download (335kB)
[img] Text
932412018_bab2.pdf

Download (350kB)
[img] Text
932412018_bab3.pdf

Download (267kB)
[img] Text
932412018_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (342kB)
[img] Text
932412018_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (648kB)
[img] Text
932412018_bab6.pdf

Download (88kB)
[img] Text
932412018_daftar_ pustaka.pdf

Download (147kB)
[img] Text
932412018_suratpernyataan.pdf

Download (375kB)

Abstract

ABSTRAK Nur Alvi Mustafida, Dosen pembimbing Dr. Hj. Munifah, M.Pd dan Nila Zaimatus Septiana, M.pd. Manajemen program membaca AlQur‟an menggunakan metode UMMI untuk mengatasi keragaman kemampuan santri di pesantren pelajar Al-Fath Rejomulyo Kediri. Program studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri, 2022. Kata Kunci : Pengelolaan, Al-Qur‟an, Pesantren Manajemen program membaca Al-Qur‟an menggunakan metode UMMI merupakan proses agar santri mampu membaca Al-Qur‟an dengan benar sesuai dengan tajwid juga terampil dalam mengamalkan isi kandungan Al-Qur‟an dalam kehidupan kesehariannya sehingga menjadi orang yang beriman dan bertakwa kepada Allah swt. Pada manajemen membaca Al-Qur‟an menggunakan metode UMMI sangat cocok untuk mengatasi permasalahan murid atau peserta didik yang secara kemampuan membaca Al-Qur‟an beragam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen program membaca Al-Qur‟an menggunakan metode UMMI untuk mengatasi keragaman kemampuan santri di pesantren pelajar Al-Fath Rejomulyo Kediri. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. teknik analisis data yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Data yang sesuai kemudian dilakukan triangulasi data. Hasil penelitian pada komponen perencanaan meliputi tujuan yang ingin dicapai dari pelaksanaan program membaca Al-Qur‟an menggunakan metode UMMI untuk mengatasi keragaman kemampuan santri yaitu tercapainya kemampuan membaca Al-Qur‟an santri dengan benar sesuai tajwid. Pada proses pengorganisasianya terdapat pembagaian tugas yang telah di tentukan oleh lembaga. Selanjutnya pada tahap pengawasan lembaga selalu melakukan pembimbingan pada setiap bulanya sekaligus memberikan motivasi. Selanjutnya pada tahap pengawasan lembaga selalu mengadakan evaluasi terkait pengelolaan program membaca Al-Qur‟an menggunakan metode UMMI, dan selalu melakukan perbaikan pada waktu yang akan datang.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education (Pendidikan dan pelatihan)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021403 Thuruq al-Tadris (Teaching Methods)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Nur Alvia Mustafida
Date Deposited: 19 Sep 2022 02:48
Last Modified: 19 Sep 2022 02:48
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/6223

Actions (login required)

View Item View Item