Agustina, Lisa (2022) Peran Pengasuh Ma'had Dalam Menumbuhkan Akhlak Disiplin Santri Di Ma'had Darul Ilmi Putri MAN 2 Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932103218_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
932103218_bab1.pdf Download (328kB) |
|
Text
932103218_bab2.pdf Download (326kB) |
|
Text
932103218_bab3.pdf Download (176kB) |
|
Text
932103218_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (339kB) |
|
Text
932103218_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (327kB) |
|
Text
932103218_bab6.pdf Download (155kB) |
|
Text
932103218_daftarpustaka.pdf Download (224kB) |
Abstract
Disiplin menjadi salah satu ilmu yang diajarkan dalam Islam. Disiplin sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari, karena kebiasaan disiplin sangat berpengaruh pada kesuksesan kelak dimasa mendatang. Islam adalah agama yang mengajarkan kelembutan tapi juga mengajarkan kedisiplinan. Agar disiplin menjadi akhlak (kebiasaan) dalam diri seseorang, maka perlu adanya pendidikan kedisiplinan. Salah satu tempat yang memberikan budaya disiplin yang tinggi adalah Ma’had/Pesantren. Karena adanya aturan dan kegiatan yang wajib diikuti oleh santri dengan disiplin Di sana juga terdapat pengasuh yang memiliki peran layaknya pendidik/guru di sekolah. Untuk mengetahui bagaimana peran pengasuh dalam menumbuhkan akhlak disiplin santri dapat dilihat dari bagaimana pengelolaan/manajemen yang mereka lakukan. Dengan demikian fokus penelitian ini yakni: (1) Bagaimana perencanaan program kegiatan? (2) Bagaimana pengorganisasian program kegiatan? (3) Bagaimana pelaksanaan program kegiatan? serta (4) Bagaimana pengawasan program kegiatan di Ma’had Darul Ilmi Putri MAN 2 Kota Kediri untuk menumbuhkan akhlak disiplin santri? Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Untuk pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Data yang diperoleh kemudian dianalisis melalui tiga cara, yakni reduksi data, display data dan mengambil kesimpulan. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa pengasuh ma'had Darul Ilmi memiliki peran sebagai pengelola kegiatan pendidikan yakni: (1) Perencanaan program kegiatan di Ma’had dilakukan dengan cara musyawarah bersama antara pengasuh dan musyrifah dengan mempertimbangkan kondisi, kebutuhan dan kemampuan santri. Program tersebut antara lain: Shalat wajib berjamaah, shalat sunnah, tahfidz, Ta’lim Diniyah, Halaqah Qur’an/Tafsir, tahsin/mengaji. (2) Pengorganisasian program Ma’had dilakukan dengan mengelompokkan kegiatan menjadi jadwal harian, mingguan dan tahunan. Kemudian dilakukan pembagian pekerjaan/tugas bagi para pengasuh untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan tersebut. (3) Pelaksanaan program kegiatan harian di Ma’had dimulai pukul 03.00 dan berakhir pukul 21.00. Untuk kegiatan tahunan dilaksanakan sesuai kondisi dan keadaan. Dalam pelaksanaan setiap kegiatan selalu dibimbing dan didampingi oleh pengasuh agar dapat berjalan dengan baik. (4) Pengawasan program kegiatan di Ma’had dilakukan oleh pengasuh dengan mengawasi kegiatan santri dan melakukan evaluasi setiap hari di akhir kegiatan. Semua tahapan tersebut dikakukan pengasuh untuk menumbuhkan akhlak disiplin santri.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education (Pendidikan dan pelatihan) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Lisa Agustina |
Date Deposited: | 15 Sep 2022 03:36 |
Last Modified: | 15 Sep 2022 03:36 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/6211 |
Actions (login required)
View Item |