Peran Strategi Pelayanan Dalam Meningkatkan Kepuasan Konsumen Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Pada Cafe Warung Gunung Mojoroto Kota Kediri)

Reisando, Jessi Mareta (2022) Peran Strategi Pelayanan Dalam Meningkatkan Kepuasan Konsumen Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Pada Cafe Warung Gunung Mojoroto Kota Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931300617_Prabab.pdf

Download (393kB)
[img] Text
931300617_bab1.pdf

Download (271kB)
[img] Text
931300617_bab2.pdf

Download (193kB)
[img] Text
931300617_bab3.pdf

Download (161kB)
[img] Text
931300617_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB)
[img] Text
931300617_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB)
[img] Text
931300617_bab6.pdf

Download (32kB)
[img] Text
931300617_daftar_pustaka.pdf

Download (147kB)
[img] Text
931300617_suratpernyataan.pdf

Download (317kB)

Abstract

JESSI MARETA REISANDO. 2022. PERAN SRATEGI PELAYANAN DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN KONSUMEN PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Pada Warung Gunung Mojoroto Kota Kediri), Program Studi Ekonomi Syari’ah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri, Pembimbing (1) Rofik Efendi, S.Kom., MM dan (2) Binti Mutafarida, MEI. Kata Kunci: Strategi Pelayanan, Kepuasan Konsumen, Ekonomi Islam. Seiring berkembangnya perekonomian, persaingan bisnis akan semakin ketat dan pola serta gaya hidup juga semakin meningkat, agar dapat bertahan pelaku usaha harus melakukan inovasi dalam memberikan kepuasan konsumen melalui strategi pelayanan yang tepat. Sehubungan dengan hal tersebut, penulis memilih Cafe WAGU (Warung Gunung) sebagai objek penelitian. Alasannya adalah Cafe WAGU (Warung Gunung) merupakan salah satu Cafe di Jln. Ahmad Dahlan, Mojoroto, Kota Kediri yang memiliki strategi pelayanan untuk meningkatkan kepuasan konsumennya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dalam hal ini peneliti mendeskripsikan strategi pelayanan Cafe Warung Gunung dalam meningkatkan kepuasan konsumen dalam perspektif ekonomi islam. Oleh karena itu peneliti melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti menganalisanya melalui reduksi data, penyajian data, dan pembuatan kesimpulan. Setelah itu melakukan pengecekan ulang untuk mendapatkan data yang diperoleh dan menggunakan teknik triangulasi, dengan tujuan mendapatkan kevalidan data. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Strategi pelayanan dalam meningkatkan kepuasan konsumen pada Cafe Warung Gunung adalah tersedianya fasilitas yang memadai, pengunaan aplikasi olsera dalam pelayanan agar cepat, sikap yang ramah dan sopan saat melayani, pemberian jaminan apabila ada kesalahan dalam pesanan, dan komunikasi yang baik dengan konsumen. (2) Menurut perspektif ekonomi islam, peran strategi pelayanan dalam meningkatkan kepuasan konsumen yang dilakukan Cafe Wagu adalah sikap professional yaitu harus siap melayani dalam kondisi apapun, memiliki dasar dalam melayani, dan fokus terhadap pekerjaan, sikap sopan dan ramah dalam berbicara, memberikan senyuman dan berpakaian rapi, Jujur dalam menyampaikan apabila ada perubahan harga, struk pembayaran yang jelas, terbuka dengan pembeli, dan menu sesuai harga dan rasa, serta dapat dipercaya memberikan pelayanan yang baik dari konsumen datang, pesan, sampai bayar tidak perlu antri ke kasir.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1401 Economic Theory > 140105 Islamic Economic Theory (Dasar-dasar Teori Ekonomi Islam)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Jessi Mareta Reisando
Date Deposited: 14 Sep 2022 01:37
Last Modified: 14 Sep 2022 01:37
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/6187

Actions (login required)

View Item View Item