Dewi, Lilia Camelia (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran IPA Kelas V Organ Gerak Hewan di Min 2 Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932603418_Prabab.pdf Download (503kB) |
|
Text
932603418_Prabab.pdf Download (503kB) |
|
Text
932603418_bab1.pdf Download (309kB) |
|
Text
932603418_bab2.pdf Download (335kB) |
|
Text
932603418_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (321kB) |
|
Text
932603418_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (989kB) |
|
Text
932603418_Bab5.pdf Download (158kB) |
|
Text
932603418_Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
932603418_daftarpustaka.pdf Download (224kB) |
Abstract
ABSTRAK Lilia Camelia Dewi, Dosen Pembimbing Dr. Fartika Ifriqia, M.Pd. dan Ratna Wahyu Wulandari, M.Pd. : Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran IPA Kelas V Organ Gerak Hewan Di MIN 2 Kota Kediri, Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri 2022. Kata kunci : Scrapbook, Minat belajar. Latar Belakang penelitian ini yaitu hendaknya setiap guru berupaya mengembangkan sendiri pengembangan media pembelajaran sederhana yang dapat dikembangkan oleh guru sehingga dapat meningkatkan keprofesionalan guru. Melihat dari permasalahan tersebut, maka perlu adanya inovasi pembuatan media yang sesuai dengan materi dan lingkungan belajar peserta didik. Tahap-tahap penelitian menggunakan model ADDIE, yaitu: analysis,design,development,implementation, dan evaluation. Analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah obsevasi, wawancara, dan angket ahli media, materi, uji coba kelompok kecil dan kelompok besar di MIN 2 Kota Kediri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dikembangkan telah memenuhi syarat untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Berdasarkan penilaian ahli media menyebutkan bahwa jumlah skor hasil penilaian yang diperoleh adalah 88 dan persentase kelayakan 77% kriteria “Layak. Penilaian dari guru kelas mendapatkan skor 105 dan persentase kelayakan 91% dengan kriteria “Sangat Layak”. Penilaian dosen ahli materi menyebutkan bahwa jumlah skor hasil penilaian yang diperoleh adalah 62 dan persentase kelayakannya adalah 84% kriteria “Sangat Layak” sedangkan penilaian guru kelas sebagai ahli materi menyebutkan jumlah skor penilaian yang diperoleh 40 dengan persentase kelayakan 90% dalam kategori “Sangat Layak”. Respon peserta didik sebelum uji coba produk dalam kelompok kecil mendapatkan jumlah skor penilaian 17 dengan persentase 34% dengan kategori “Kurang Minat” dalam pembelajaran IPA setelah dilakukan uji coba produk scrapbook kelompok kecil sebanyak 5 peserta didik mendapatkan jumlah skor penilaian 42 dengan pesentase 84% dalam kategori “Sangat Minat” . Berdasarkan respon peserta didik sebelum uji coba produk kelompok besar sebanyak 34 peserta didik yang diperoleh adalah 166 dengan persentase minat 48% dalam kategori “Kurang Minat”, sesudah dilakukan uji coba produk kelompok besar mendapatkan skor 278 dengan persentase 81% dalam kategori “Sangat Minat
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 06 BIOLOGICAL SCIENCES (Ilmu Biologi) > 0601 Biochemistry and Cell Biology > 060114 Systems Biology 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Lilia Camelia Dewi |
Date Deposited: | 21 Sep 2022 03:21 |
Last Modified: | 21 Sep 2022 03:21 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/6179 |
Actions (login required)
View Item |