Risma Irfayanti, Risma (2022) Implementasi Metode Tutor Sebaya Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Fikih Materi Sholat Jumat Siswa Kelas VII I Di Mts Ma'arif Nu Kota Blitar. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932107318_prabab.pdf Download (953kB) |
|
Text
932107318_bab1.pdf Download (331kB) |
|
Text
932107318_bab2.pdf Download (599kB) |
|
Text
932107318_bab3.pdf Download (522kB) |
|
Text
932107318_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (770kB) |
|
Text
932107318_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (462kB) |
|
Text
932107318_bab6.pdf Download (299kB) |
|
Text
932107318_daftar pustaka.pdf Download (299kB) |
|
Text
932107318_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK RISMA IRFAYANTI, Dosen Pembimbing Ninik Zuroidah, M.Si dan Ratna Wahyu Wulandari, M.Pd, Implementasi Metode Tutor Sebaya Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Fikih Siswa Kelas VII I Di MTs Ma’arif NU Kota Blitar, Skripsi, Program Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2022. Kata kunci: Metode, Tutor Sebaya, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kebutuhan dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII I MTs Ma’arif NU Kota Blitar pada mata pelajaran Fikih. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode tutor sebaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan PTK atau Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi metode tutor sebaya dalam meningkatkan hasil belajar Fikih siswa kelas VII I di MTs Ma’arif NU Kota Blitar dan mengetahui pengaruh implementasi metode tutor sebaya dalam meningkatkan hasil belajar Fikih siswa kelas VII I di MTs Ma’arif NU Kota Blitar. Subjek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas VII I MTs Ma’arif NU Kota Blitar. Penelitian ini menerapkan metode tutor sebaya pada mata pelajaran fikih. Penelitian dilaksanakan menggunakan dua siklus. Dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode tutor sebaya dapat dilaksanakan dengan baik terbukti dengan adanya peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa secara bertahap. Metode tutor sebaya juga terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII I pada mata pelajaran fikih. Terbukti dengan kondisi pra siklus siswa yang mencapai ketuntasan belajar 5 siswa dari total 16 siswa. Pada siklus I siswa yang tuntas adalah 11 siswa atau 68,75%. Pada siklus II terdapat 15 siswa yang mencapai ketuntasan belajar atau 93,75%. Dengan demikian tingkat ketuntasan siswa sudah lebih baik sehingga tindakan perbaikan tiap siklusnya mengalami peningkatan.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) |
Depositing User: | Risma Irfayanti |
Date Deposited: | 09 Sep 2022 07:14 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 07:14 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/6095 |
Actions (login required)
View Item |