Damayanti, Fitria Rizqi (2021) Implementasi Pembelajaran Metode Usmani dalam Meningkatkan Kualitas Baca Tulis Al-Quran di TPQ Nurul Qur’an 1 Pagu Wates Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932105617_prabab.pdf Download (975kB) |
|
Text
932105617_bab1.pdf Download (289kB) |
|
Text
932105617_bab2.pdf Download (553kB) |
|
Text
932105617_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (217kB) |
|
Text
932105617_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (891kB) |
|
Text
932105617_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (349kB) |
|
Text
932105617_bab6.pdf Download (271kB) |
|
Text
932105617_daftarpustka.pdf Download (217kB) |
|
Text
932105617_suratpernyataan.pdf Download (319kB) |
Abstract
RIZQI DAMAYANTI, FITRIA, 2021. Implementasi Pembelajaran Metode Usmani dalam Meningkatkan Kualitas Baca Tulis Al-Quran di TPQ Nurul Qur’an 1 Pagu Wates Kediri, Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah IAIN Kediri. Pembimbing (1) Dr. H. Ilham Tohari, S.H, M.HI (2) M. Alim Khoiri, S.H.I,Msy Kata Kunci : Pembelajaran Al-Qur’an, Metode Usmani Pada zaman serba canggih ini pembelajaran yang sangat diminati oleh orang tua adalah pembelajaran ilmu eksak. Padahal ada pembelajaran yang harus diberikan orang tua kepada anaknya, yaitu pembelajaran ilmu agama. Salah satu hal yang wajib dipelajari umat islam adalah belajar membaca Al-Qur’an. Al-Qur’an adalah pedoman hidup semua aturan dan tatanan yang diperlukan oleh manusia ada di sana. Untuk itu pembelajaran AL-Qura’an sangatlah penting. Salah satu metode yang mudah untuk belajar Al-Qur’an adalah metode Us\mani. Metode ini cukup mudah untuk dipelajari karena penjelasan tajwidnya sangatlah ringkas. Penelitian ini berguna untuk menjawab rumusan masalah : (1) Bagaimana perencanaan pembelajaran baca tulis Al-Qur’an metode Usmani di TPQ Nurul Qur’an 1? (2) Bagaimana penerapan pembelajaran baca tulis Al-Qur’an metode Usmani diterapkan di TPQ Nurul Qur’an 1? 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran baca tulis Al-Qur’an metode Usmani di TPQ Nurul Qur’an 1? 4) Bagaimana hasil implementasi pembelajaran baca tulis Al-Qur’an metode Usmani di TPQ Nurul Qur’an 1? Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data diperoleh dari wawancara, observasi dan dokumentasi.penelitian dilakasanakan pada 15 Juli-30 Agustus . Analisis data dalam skripsi ini yaitu dengan reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian di TPQ Nurul Qur’an 1 yaitu (1) perencanaan pembelajaran baca tulis Al-Qur’an metode Usmani di TPQ Nurul Qur’an 1 diawali dengan musyawarah dan sosialisasi, pembuatan rangcangan mengajar. (2) penerapan pembelajaran baca tulis Al-Qur’an metode Usmani diterapkan di TPQ Nurul Qur’an 1 terbagi menjadi beberapa tahap yaitu pembukaan, apresepsi, penanaman konsep, pemahaman, ketrampilan, penutup 3) evaluasi pembelajaran baca tulis Al-Qur’an metode Usmani di TPQ Nurul Qur’an 1 terbagi menjadi tiga evaluasi yaitu evaluasi harian, evaluasi kenaikan jilid, dan evaluasi akhir (khotmil qur’an) 4) hasil implementasi pembelajaran baca tulis Al-Qur’an metode Usmani di TPQ Nurul Qur’an 1 cukup memuaskan dilihat dari hasil belajar kenaikan jilid dan syahadah/ijazah lulusann.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021403 Thuruq al-Tadris (Teaching Methods) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Fitria Rizqi Damayanti |
Date Deposited: | 09 Sep 2022 07:53 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 07:53 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/6092 |
Actions (login required)
View Item |