Sari, Masfuva (2022) Pengaruh Adiksi Game Online Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Matematika Di SDN Pakis 2 Mojokerto. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
933419118_Prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
933419118_bab1.pdf Download (456kB) |
|
Text
933419118_bab2.pdf Download (356kB) |
|
Text
933419118_bab3.pdf Download (374kB) |
|
Text
933419118_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (958kB) |
|
Text
933419118_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (446kB) |
|
Text
933419118_bab6.pdf Download (328kB) |
|
Text
933419118_daftarpustaka.pdf Download (431kB) |
Abstract
Adiksi game online pada siswa adalah ketergantungan siswa secara berlebihan yang ingin terus bermain game dan ketidakmampuan siswa mengontrol atau mengendalikan dirinya sehingga berdampak negatif pada dirinya. Salah satunya adalah menurunnya hasil belajar di sekolah. Sebagaimana yang terjadi di SDN Pakis 2 Mojokerto, ada beberapa siswa yang mengalami penurunan hasil belajar pada mata pelajaran matematika karena itu penelitian ini ingin mengetahui pengaruh adiksi game online terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran matematika di SDN Pakis 2 Mojokerto. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jumlah sampel 65 siswa yang berasal dari kelas 4,5, dan 6. Instrumen yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana untuk mengetahui adanya pengaruh antara variabel adiksi game online terhadap hasil belajar siswa. Adapun hasil penelitian yang telah dilakukan menyatakan bahwa 1) Terjadi adiksi game online pada siswa SDN Pakis 2 tergolong pada kategori sedang. Berdasarkan perhitungan diperoleh nilai rata-rata sebesar 79,35 yang termasuk pada interval sedang 2) Nilai hasil belajar pada mata pelajaran matematika di SDN Pakis 2 berdasarkan rata-rata diperoleh nilai pengetahuan adalah 72,11. Sedangkan untuk nilai keterampilan sebesar 74,82 dengan kategori baik. 3) Terdapat pengaruh adiksi game online di SDN Pakis 2 sebesar 15,7% dengan pengaruh nilai pengetahuan sebesar 8,8% dan 6,9% pada nilai keterampilan hasil belajar siswa dan sisanya sebesar 84,3% dipengaruhi oleh variabel lain. Artinya bahwa semakin tinggi adiksi game online maka semakin rendah hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di SDN Pakis 2, sebaliknya semakin rendah adiksi game online yang terjadi di SDN Pakis 2 semakin tinggi pula hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Jurusan Psikologi Islam |
Depositing User: | Masfuva Sari |
Date Deposited: | 08 Sep 2022 07:27 |
Last Modified: | 08 Sep 2022 07:27 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/6056 |
Actions (login required)
View Item |