Konsep Pendidikan Spiritual Perspektif Al-Quran Surat Luqman Ayat 12-19 dan Konstekstualisainya dalam Pembelajaran K-13.

Afni, Sebtia Rizki Nur (2022) Konsep Pendidikan Spiritual Perspektif Al-Quran Surat Luqman Ayat 12-19 dan Konstekstualisainya dalam Pembelajaran K-13. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932136918_praabab.pdf

Download (888kB)
[img] Text
932136918_bab1.pdf

Download (730kB)
[img] Text
932136918_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (813kB)
[img] Text
932136918_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (487kB)
[img] Text
932136918_bab4.pdf

Download (115kB)
[img] Text
932136918_daftarpustaka.pdf

Download (234kB)
[img] Text
932136918_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf

Download (181kB)

Abstract

Di dunia modern ini terjadi berbagai krisis. Diantaranya, yang paling nyata adalah krisis moral dan krisis spiritual. Kedua krisis ini saling berhubungan dan jalin-menjalin. Namun, ada pendapat mengatakan bahwa kriris moral yang terjadi saat ini yang hampir merambah seluruh lini kehidupan bangsa Indonesia yang sebenarnya berasal dan bermuara pada krisis spiritual. Krisis tersebut ditandai dengan semakin banyaknya orang yang mengalami kecemasan, kegelisahan, dan kehampaan eksistensial. Akibat selanjutnya adalah, merebaknya penyakiy- penyakit jiwa dan penyakit spiritual yang berujung pada stres, frustrasi, yang menimbulkan keburukan, baik bagi diri sendiri maupun orang lain. Dari latar belakang tersebut dibuatlah fokus penelitian sebagai berikut: 1. Bagaimana hakikat pendidikan spiritual yang tertuang dalam QS. Luqman ayat 12-19. 2. Bagaimana kontekstualisasinya dalam pembelajaran K-13. Konsep pendidikan spiritual yang tertuang dalam QS. Luqman ayat 12-19 diharapkan dapat menjadi pedoman dalam mendidik anak maupun acuan para orangtua atau pendidik dalam memberikan pengajaran dalam aspek jasmani terutama rohaniyahnya. Penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan (library researc). Menggunakan metode deskriptif analisis dengan menguraikan sekaligus menganalisis. Tenik pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan bahasa pustaka, memilih bahan pustaka yang dijadikan sumber primer dan sekunder, membaca bahan bacaan yang dipilih secara manual, mencatat isi bahan pustaka yang berhubungan dengan rumusan maslah, mengklarifikasi data dari sumber tulisan dengan merujuk pada rumusan masalah. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa konsep pendidikan spiritual pada QS. Luqman ayat 12-19 mencakup materi dan metode pendidikan agama Islam yang berkesinambungan dengan pendidikan spiritual. Hal tersebut meliputi materi pendidikan aqidah, syariah, dan juga akhlak, metode pengajarannya yakni menggunakan metode nasihat atau mauidhah, ancaman/hukuman, dan suri tauladan yang mana semua tujuan dari hal-hal tersebut yakni mensucikan dan memelihara kebersihan hati serta ketenangan jiwa. Dan kontekstualisasinya dengan pembelajaran K-13 sangat erat kaitannya dengan pendidikan karakter, hanya dalam penelitian ini ditekankan pada sisi karakter spiritual sebagai upaya dalam mendidik spiritualitas (kalbu dan akal), sehingga selain pemahaman (kognitif), juga tumbuh kesadaran (hati) untuk berperilaku baik (karakter).

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development (Teori dan Pengembangan Kurikulum dan Pedagogi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sebtia Rizki Nur Afni
Date Deposited: 28 Nov 2022 06:30
Last Modified: 28 Nov 2022 06:30
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/6034

Actions (login required)

View Item View Item