Pengembangan Media Anagram Untuk Memperluas Kosakata Bahasa Indonesia Siswa Kelas II Di MIS Al Hikmah Ketami Kota Kediri

Habibah, Lailiya (2022) Pengembangan Media Anagram Untuk Memperluas Kosakata Bahasa Indonesia Siswa Kelas II Di MIS Al Hikmah Ketami Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932601318_prabab.pdf

Download (875kB)
[img] Text
932601319_bab1.pdf

Download (562kB)
[img] Text
932601318_bab2.pdf

Download (495kB)
[img] Text
932601318_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB) | Request a copy
[img] Text
932601319_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (826kB) | Request a copy
[img] Text
932601318_bab5.pdf

Download (307kB)
[img] Text
932601318_daftar_pustaka.pdf

Download (411kB)
[img] Text
932601318_suratpernyataan.pdf

Download (346kB)

Abstract

Faktor yang mempengaruhi kurangnya pengetahuan kosakata bahasa Indonesia terdapat dua faktor, yakni faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal terdapat dalam diri peserta didik ini seperti malas, bosan melakukan kegiatan pembelajaran. Kemudian faktor eksternal ini dilihat dari lingkungan sekitar dan kegiatan pembelajaran yang dilakukan pendidik. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini (1) mengembangkan media papan anagram sebagai alternatif penyampaian materi untuk memperluas kosakata bahasa Indonesia peserta didik kelas II di MIS Al Hikmah Ketami Kota Kediri dan (2) menguji kelayakan media anagram untuk memperluas kosakata siswa II pada materi pokok bahasa Indonesia di MIS Al Hikmah. Metode penelitian ini termasuk dalam penelitian dan pengembangan Research and Development (R&D). Uraian hasil dari pengembangan media papan anagram ini (1) produk pengembangan ini dimulai dengan tahapan analisis berupa analisis kebutuhan, materi dan karakteristik peserta didik. Kemudian medisain media sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Dikembangkan sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang melibatkan para ahli validasi sehingga menghasilkan media pembelajaran yang dapat diuji cobakan kepada peserta didik. (2) media ini telah diuji kelayakan oleh ahli materi dan ahli media. Berdasarkan validasi ahli materi diperoleh hasil akhir 88% dengan kategori sangat layak. Validasi ahli media dengan hasil skor akhir 97% dengan kategori sangat layak. Setalah divalidasi kemudian pada uji coba kelompok kecil dengan perolehan hasil akhir 94% dengan kategori sangat setuju, uji coba kelompok besar memperoleh hasil skor akhir 96% dengan kategori sangat setuju. Dari uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa media papan anagram ini sangat layak digunakan sebagai alternatif peserta didik untuk memerluas kosakata bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Lailiya Habibah
Date Deposited: 07 Sep 2022 08:12
Last Modified: 07 Sep 2022 08:12
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/6020

Actions (login required)

View Item View Item