Strategi Marketing Mix Pada Sentra Tenun Ikat Bandar Kidul Kediri Ditinjau Dari Etika Bisnis Islam Dan Marketing Syariah

Sutantri, Sutantri (2018) Strategi Marketing Mix Pada Sentra Tenun Ikat Bandar Kidul Kediri Ditinjau Dari Etika Bisnis Islam Dan Marketing Syariah. Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
92500116016-prabab.pdf

Download (638kB)
[img] Text
92500116016-bab1.pdf

Download (641kB)
[img] Text
92500116016-bab2.pdf

Download (748kB)
[img] Text
92500116016-bab3.pdf

Download (352kB)
[img] Text
92500116016-bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (540kB)
[img] Text
92500116016-bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (432kB)
[img] Text
92500116016-bab6.pdf

Download (386kB)
[img] Text
92500116016-dafpus.pdf

Download (322kB)
[img] Text
92500116016-lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (649kB)

Abstract

Strategi marketing mix merupakan hal yang sangat penting bagi suatu perusahaan. Strategi marketing mix mempunyai empat variabel yaitu product, price, place dan promotion. Tenun Ikat Bandar Kidul Kediri merupakan tempat usaha yang bergerak dibidang kerajinan. Berdiri pada tahun 1950 dan perkembangannya cukup pesat. Sentra Tenun Ikat Bandar Kidul terletak di Kelurahan Bandar Kidul Kec. Mojoroto Kota Kediri. Sampai tahun 2018, terdapat 10 pengrajin yang masing-masing pengrajin memiliki karyawan berkisar 25 – 30 karyawan. Kain tenun ikat Bandar menjadi produk unggulan Kota Kediri. Hal ini menjadi menarik untuk dikaji. Oleh karena itu yang menjadi fokus masalah yang diambil adalah bagaimana strategi marketing mix yang dilakukan Sentra Tenun Ikat Bandar Kidul Kediri ditinjau dari etika bisnis Islam dan marketing syariah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dimana kehadiran peneliti di lapangan sangat diperlukan. Metode pengumpulan data yang digunakan antara lain wawancara, observasi, dan dokumentasi. Peneliti melakukan analisis data melalui tahap-tahap antara lain: reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian, (1) strategi marketing mix pada Sentra Tenun Ikat Bandar Kidul Kediri ditinjau dari etika bisnis Islam, sebagai berikut: a) produk, dari bahan-bahan yang bersih, nyaman, higienis, halal dan thoyyib, bermanfaat untuk konsumen. b) harga, ada kesepakatan antara pengrajin dan pemerintah, bersaing dengan pengrajin lain, harga yang ditetapkan wajar, sesuai dengan kualitas dan sebagai alat kompetisi yang sehat. c) lokasi dan distribusi, strategis, lokasi mudah dijangkau, dan dalam penditribusiannya tidak ada pihak yang dirugikan karena transparansi dan sesuai kesepakatan. d) promosi, bertatap muka dengan konsumen langsung, melalui media, dan komunikasi dari mulut ke mulut, mengikuti workshop/ pameran, tidak adanya penipuan dan tidak melebih-lebihkan dalam promosi serta tidak bersumpah palsu. (2) strategi marketing mix pada Sentra Tenun Ikat Bandar Kidul Kediri ditinjau dari marketing syariah, sebagai berikut: a) teistis (rabbaniyyah), menerapkan nilai-nilai religius, tidak memaksakan kehendak dan menipu konsumen. b) etis (akhlaqiyah), melayani dan beretika dengan baik kepada konsumen, tidak mempedulikan agama apapun. c) realistis (al-waqi’iyah) bersikap fleksibel, profesional, rapi, bersih dan bersahaja kepada konsumen. d) humanistis (insaniyah), tidak serakah, dan tidak menghalalkan berbagai cara untuk mendapatkan keuntungan. Jadi strategi marketing mix yang dilakukan pada Sentra Tenun Ikat Bandar Kidul Kediri sudah sesuai dengan Etika Bisnis Islam dan marketing syariah.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Ekonomi Syariah
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 21 Aug 2019 05:37
Last Modified: 21 Aug 2019 05:37
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/601

Actions (login required)

View Item View Item