Fauzan, Mohammad Irfan (2022) طريقة تدريس الكتب التراثية لطلاب المدرسة الدينية المعلمين المعلمات بلوسوكالتن كديري. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932501617_prabab.pdf Download (559kB) |
|
Text
932501617_bab1.pdf Download (185kB) |
|
Text
932501617_bab2.pdf Download (291kB) |
|
Text
932501617_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (202kB) |
|
Text
932501617_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (205kB) |
|
Text
932501617_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (166kB) |
|
Text
932501617_bab6.pdf Download (135kB) |
|
Text
932501617_daftarpustaka.pdf Download (146kB) |
|
Text
932501617_suratpernyataan.pdf Download (385kB) |
Abstract
ABSTRAK Muhammad Irfan Fauzan, 2021, Metode Pembelajaran Kitab Kuning Kepada Siswa di Madrasah Muallimin Muallimat Plosoklaten Kediri, Skripsi, Progam Studi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri. Pembimbing (1) Muhammad Sholihudin, M.Pd., dan Pembimbing (2) Dr. H. Ahmad Rifa'i, M. Pd. Kata kunci: Metode Pembelajaran, Kitab Kuning, Siswa madrasah. Metode pengajaran merupakan bagian dari seperangkat alat dan metode dalam melaksanakan suatu strategi belajar mengajar. Padahal, strategi belajar mengajar merupakan sarana atau alat untuk mencapai tujuan pembelajaran. Sehingga metode dan strategi memiliki keterkaitan yang tidak dapat dipisahkan. Pembelajaran harus memperhatikan perbedaan individu siswa tersebut, sehingga pembelajaran benar-benar dapat mengubah keadaan siswa dari yang tidak tahu menjadi tahu, dari yang tidak mengerti menjadi mengerti, dan dari yang kurang bertindak menjadi baik. . Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian deskriptif. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model analisis Miles dan Huberman. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini antara lain yaitu obserfasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran kitab kuning di pesantren yang umum digunakan adalah metode klasikal, bandungan, sorogan, diskusi, hafalan, tanya jawab, ceramah, dan demonstrasi. Faktor-faktor yang mempengaruhi pembelajaran kitab kuning diantaranya faktor pendukung yaitu kajian ilmiah jangka panjang, alat (tata bahasa dan morfologi) dipelajari secara detail dan mendalam, peraturan yang cukup ketat, dan guru yang mengajar dipilih dari lulusan Pendidikan Profesi Guru (PPG).
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021403 Thuruq al-Tadris (Teaching Methods) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Mohammad Irfan Fauzan |
Date Deposited: | 07 Sep 2022 08:01 |
Last Modified: | 07 Sep 2022 08:01 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5995 |
Actions (login required)
View Item |