Choirun Nisa, Nur Ifani (2022) Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Tematik Kelas III Di MI Al Irsyad Al Islamiyyah Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932608718_prabab.pdf Download (460kB) |
|
Text
932608718_bab1.pdf Download (258kB) |
|
Text
932608718_bab2.pdf Download (588kB) |
|
Text
932608718_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (143kB) |
|
Text
932608718_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (723kB) |
|
Text
932608718_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (344kB) |
|
Text
932608718_bab6.pdf Restricted to Registered users only Download (111kB) |
|
Text
932608718_daftarpustaka.pdf Download (337kB) |
|
Text
932608718_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
932608718_suratpernyataan.pdf Download (112kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan yang ditemukan yaitu kendala yang dihadapi guru saat penerapan pendidikan karakter. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan apa saja nilai-nilai karakter yang diterapkan dalam pembelajaran tematik kelas III di MI Al Irsyad Al Islamiyyah Kota Kediri, mendeskripsikan bagaimana penerapan nilai-nilai karakter dalam pembelajaran tematik kelas III di MI Al Irsyad Al Islamiyyah Kota Kediri, dan mendeskripsikan apa saja faktor pendukung dan penghambat implementasi nilai-nilai karakter dalam pembelajaran tematik kelas III di MI Al Irsyad Al Islamiyyah Kota Kediri. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Data primer dari penelitian ini adalah guru kelas III dan waka kurikulum. Data sekunder berasal dari dokumen-dokumen sekolah dan foto kegiatan implementasi pendidikan karakter yang relevan. Hasil dari penelitian ini adalah 1) Nilai-nilai karakter yang diterapkan dalam pembelajaran tematik kelas III di MI Al Irsyad Al Islamiyyah Kota Kediri adalah religius, disiplin, jujur, dan tanggung jawab; 2) Penerapan nilai-nilai karakter dalam pembelajaran tematik kelas III di MI Al Irsyad Al Islamiyyah Kota Kediri adalah perencanaan pembelajaran tematik, menetapkan kurikulum, penyediaan sarana dan prasarana, dan aktivitas belajar; 3) Faktor pendukung implementasi nilai-nilai karakter dalam pembelajaran tematik kelas III di MI Al Irsyad Al Islamiyyah Kota Kediri adalah sarana dan prasarana yang memadai kemudian tenaga pendidik yang juga mendukung dalam implementasi pendidikan karakter, sedangkan faktor penghambatnya adalah karakteristik peserta didik yang berbeda-beda dan faktor lingkungan yang dibawa peserta didik dari rumah.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nur Ifani Choirun Nisa |
Date Deposited: | 07 Sep 2022 04:19 |
Last Modified: | 07 Sep 2022 04:19 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5973 |
Actions (login required)
View Item |