Melyana, Shinta Aryanda Putri (2022) Upaya Guru Akidah Akhlak Dalam Mengembangkan Self-Control Siswa Di Mtsn 1 Mojokerto. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932116118_PraBab.pdf Download (1MB) |
|
Text
932116118_Bab I.pdf Download (436kB) |
|
Text
932116118_Bab II.pdf Download (564kB) |
|
Text
932116118_Bab III.pdf Download (333kB) |
|
Text
932116118_Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (379kB) |
|
Text
932116118_Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (333kB) |
|
Text
932116118_Bab VI.pdf Download (293kB) |
|
Text
932116118_Dafpus.pdf Download (311kB) |
|
Text
932116118_Lamprn.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Peradaban modern seakan menggerus kejiwaan seseorang. Dimana perbuatan yang buruk dianggap wajar, nilai norma hilang, tata krama tidak diindahkan. Pengaruh globalisasi seakan membawa dampak negatif yang signifikan. Meskipun pengaruh eksternal sangat kuat, kontrol akan diri perlu dibangun dari dalam. Di zaman ini filter sangat dibutuhkan, untuk membatasi segala kesenjangan. Latar Belakang penelitian ini adalah bahwa masa remaja awal sederajat siswa SMP/MTs merupakan masa yang rawan. Minimnya keimanan, pengendalian atas diri kurang. Akibatnya pengaruh negatif berujung kenakalan. Penanaman nilai agama sangat diperlukan agar siswa tidak berperilaku menyimpang. Fokus masalah yang diambil peneliti: 1)Bagaimanakah Upaya Guru Akidah Akhlak dalam Mengembangkan Self-Control Siswa melalui kontrol perilaku (Behaviour Control) di MTsN 1 Mojokerto; 2)Bagaimanakah Upaya Guru Akidah Akhlak dalam Mengembangkan Self-Control Siswa melalui kontrol kognitif (Cognitive Control) di MTsN 1 Mojokerto; 3)Bagaimanakah Upaya Guru Akidah Akhlak dalam Mengembangkan Self-Control siswa melalui kontrol keputusan (Decesional Control) di MTsN 1 Mojokerto. Adapun tujuannya adalah : untuk mengetahui usaha yang dilakukan guru Akidah Akhlak baik dari kontrol perilaku, kognitif, dan keputusan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis studi kasus. Data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi dilanjutkan analisis data dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Adapun sumber data penelitian ini berupa data primer dan data sekunder. Dalam penelitian ini juga dilakukan pengecekan keabsahan data menggunakan teknik perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi. Sedangkan tahapan penelitian berupa tahap pra lapangan, pekerjaan lapangan, analisis data dan pelaporan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya guru Akidah Akhlak dalam meningkatkan Self-Control siswa berhasil dilakukan melalui: 1) kontrol perilaku dilakukan dengan menegakkan peraturan dalam buku BKS dan kerjasama antar guru 2) kontrol kognitif dilakukan dengan membantu remaja mengembangkan dirinya agar berfikir positif melalui kegiatan pembelajaran, adanya ekstrakurikuler BTQ, dan hafalan buku SKIA 3) kontrol keputusan dilakukan dengan pemberian tugas analisis dan konseling.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220403 Islamic Studies (Studi Islam) > 22040302 Morals and Sufism (Akhlak dan Tasawuf) > 2204030201 Morals (Akhlak) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Shinta Aryanda Putri Melyana |
Date Deposited: | 07 Sep 2022 03:29 |
Last Modified: | 07 Sep 2022 03:29 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5972 |
Actions (login required)
View Item |