Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Karakter Religius Siswa Di Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Plosoklaten Kediri

Arrohman, Muhammad Wafa (2022) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Karakter Religius Siswa Di Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Plosoklaten Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932135118_prabab.pdf

Download (999kB)
[img] Text
932135118_bab1.pdf

Download (350kB)
[img] Text
932135118_bab2.pdf

Download (271kB)
[img] Text
932135118_bab3.pdf

Download (151kB)
[img] Text
932135118_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (376kB)
[img] Text
932135118_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (369kB)
[img] Text
932135118_bab6.pdf

Download (123kB)
[img] Text
932135118_daftarpustaka.pdf

Download (233kB)
[img] Text
932135118_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (612kB)
[img] Text
932135118_lembarpersetujuan.pdf

Download (286kB)

Abstract

Upaya guru Pendidikan Agama Islam diharapkan dapat mendorong tumbuh dan berkembangnya nilai-nilai religius, seperti: nilai-nilai kreatif, nilai-nilai penghayatan, dan nilai-nilai bersikap. Lembaga pendidikan memiliki pengaruh yang besar terhadap pembentukan karakter seorang anak, dimana guru dijadikan salah satu tolak ukur keberhasilan pembentukan kepribadian yang berkarakter. Jadi perlunya upaya menanamkan karakter religius kepada siswa. Maka dari itu penelitian ini berfokus pada: 1) Bagaimana upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan karakter religius siswa di kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Plosoklaten Kediri? 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan karakter religius siswa di kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Plosoklaten Kediri? 3) Bagaimana solusi guru Pendidikan Agama Islam saat menghadapi permasalahan dalam menanamkan karakter religius siswa di kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Plosoklaten Kediri? Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun untuk menganalisa data dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu dengan cara menguraikan suatu kejadian yang tampak pada objek kejadian. Hasil penelitian ini: 1) Upaya guru PAI dalam menanamkan karakter religius siswa di kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Plosoklaten Kediri dengan cara membimbing siswa untuk bersikap taat pada peraturan sekolah, memberi nasehat dan hukuman yang mendidik. 2) Faktor pendukung guru PAI dalam menanamkan karakter religius siswa yakni adanya fasilitas tempat ibadah, adanya dukungan dari pihak sekolah, guru tidak hanya menyampaikan materi saja tetapi juga memberikan motivasi dan nasehat terhadap siswanya. Adapun faktor penghambatnya yakni latar belakang siswa yang berbeda-beda, minimnya waktu di sekolah, pengaruh dari lingkugan sekitar rumah ataupun dari teman sejawatnya. 3) Solusi yang dilakukan saat menghadapi permasalahan dalam menanamkan karakter religius dengan cara guru PAI memberikan nasehat dan peringatan kepada siswa agar selalu berbuat baik, menghormati guru dan sesama temannya, selalu taat pada peraturan sekolah dan selalu menjalankan perintah agama. Guru PAI melakukan pendekatan individu sebagai pasangan curhat bagi siswanya. Kemudian guru PAI menerapkan rasa empati, penuh perhatian dan sikap yang ramah agar siswanya mengenal lebih dekat dengan guru PAI dan pelajarannya. Sehingga siswa menjadi pribadi yang ramah dan baik ditunjukan oleh saling bertegur sapa satu dengan yang lainnya dengan bahasa yang baik.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development (Teori dan Pengembangan Kurikulum dan Pedagogi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Wafa Arrohman
Date Deposited: 06 Sep 2022 06:27
Last Modified: 06 Sep 2022 06:27
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5950

Actions (login required)

View Item View Item