Upaya Kepala Sekolah Mengintegrasikan Kurikulum PAI Berbasis Pesantren Kedalam Kurikulum Sekolah di SMK Telkom Darul Ulum Jombang

Budiyono, Ahmad (2018) Upaya Kepala Sekolah Mengintegrasikan Kurikulum PAI Berbasis Pesantren Kedalam Kurikulum Sekolah di SMK Telkom Darul Ulum Jombang. Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
92100412006-prabab.pdf

Download (398kB)
[img] Text
92100412006-bab1.pdf

Download (371kB)
[img] Text
92100412006-bab2.pdf

Download (669kB)
[img] Text
92100412006-bab3.pdf

Download (424kB)
[img] Text
92100412006-bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
92100412006-bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB)
[img] Text
92100412006-bab6.pdf

Download (319kB)
[img] Text
92100412006-dafpus.pdf

Download (417kB)
[img] Text
92100412006-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kemunculan sekolah dengan basis pesantren adalah dalam rangka sebuah upaya mengintegrasikan pendidikan umun dengan pesantren. Salah satu lembaga yang mengintegrasikan kurikulum berbasis pesntren kedalam kurikulum sekolah. Penelitian ini mengjaki model kurikulum PAI berbasis pesantren yang meliputi tujuannya dan muatan kurikulumnya dan upaya kepala sekolah mengintegrasikan kurikulum PAI bebasis pesantren dalam kurikum sekolah di SMK Telkom Darul Ulum Jombang Untuk menjawab fokus permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus tunggal dengan mengunakan metode penggalian data berupa interview, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif kemudian pengecekan keabsaan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan. Hasil penelitian ini: Ada dua kurikulum yang dijalankan, yaitu kurikulum umum atau Nasional dan kurikulum pondok. Tujuan Keterpaduan dua kurikulum tersebut diharapkan dapat menciptakan generasi yang kuat dan unggul dalam bidang IMTAQ, pengembangan IPTEK dan akhlaq sesuai dengan visi dan misi sekolah. Kurikulum SMK Darul Ulum Jombang mengunakan kurikulum Nasional dan Kurikulum SMART, kurikulum SMART ini adalah PAI yang dikolaborasikan dengan mata pelajaran pesantren, ada PAI yang sesuai dengan kurikukulum nasional, kemudian ada PAI kepesantrenan, PAI kepesantrenan memuat: Nahwu Shorof, Bahasa Arab, SKI dan Kedarululuman, Aqidah-Akhlak, Fiqih, Qur’an hadist, Ilmu Tajwid, yamg kesemuanya dipadukan dengan keterangan kitab yang ada dipesantren. Disamping itu ada progam aplikasi keagaamaan meliputi Membaca Al-qur’an, Amalan Khusus tahlil dan istighosah dan progam solat duha. Upaya kepala sekolah adalah penyamaan pemahaman tentang visi dan misi lembaga dan menjalankan empat ilmu manajemen pendidikan yaitu merencananakan, mengorganisasi, mengerakan serta mengawasi Model kurikulum PAI berbasis pesantren di SMK Telkom Darul Ulum Jombang adalah Integrated curriculum (kurikulum terpadu), Upaya kepala sekolah yaitu penyamaan pemahaman tentang visi dan misi lembaga, kepala menjalankan tahapan manajemen yaitu planing (perencanaan), organizing (organisasi) motivating (penggerakan) dan controling (pengawasan). Peneliti merekomendasikan kepada Kementerian Agama (KEMENAG) dan DIKNAS agar memberikan pelatihan-pelatihan terhadap guru-guru tentang model pembelajaran terintegrasi khususnya pada lembaga yang dibawa naungan pesantren.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 21 Aug 2019 03:41
Last Modified: 21 Aug 2019 03:41
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/594

Actions (login required)

View Item View Item