Pengembangan Media Pembelajaran Lift The Flap Book Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VA MI Miftahul Huda Ngreco

Habibah, Ananda Nurlaily (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Lift The Flap Book Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VA MI Miftahul Huda Ngreco. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932609218_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932609218_bab1.pdf

Download (338kB)
[img] Text
932609218_bab2.pdf

Download (439kB)
[img] Text
932609218_bab3.pdf

Download (454kB)
[img] Text
932609218_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932609218_bab5.pdf

Download (186kB)
[img] Text
932609218_daftarpustaka.pdf

Download (224kB)

Abstract

ANANDA NURLAILY HABIBAH, Dosen Pembimbing Dr. Fartika Ifriqia, M.Pd dan Sheila Fakhria, M.H, Pengembangan Media Pembelajaran Lift The Flap Book Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VA MI Miftahul Huda Ngreco, Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2022. Kata kunci: Media Pembelajaran, Media Lift The Flap Book, Hasil Belajar Pendidik harus memiliki kemampuan untuk memahami peserta didiknya dalam proses belajar mengajar tidak hanya berperan sebagai penyampai informasi saja. Setiap peserta didik memiliki perbedaan sehingga pendidik harus mampu dalam menghadapi kesulitan belajar. Oleh karena itu, pendidik dituntut untuk mampu berkreasi dalam penyajian dan penggunaan berbagai media pembelajaran yang sesuai agar peserta didik dapat lebih efektif dan efisien dalam belajar. Peningkatan hasil belajar peserta didik dapat dilakukan dengan penggunaan media pembelajaran lift the flap book. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan produk media pembelajaran dalam bentuk lift the flap book guna meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Ilmu Pengetauan Alam (IPA). Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti dalam mengembangkan media lift the flap book adalah dengan menggunakan penelitian Research and Development (RnD). Sedangkan model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE yang memiliki 5 tahapan dalam pengembangan, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Penelitian ini dilaksanakan di MI Miftahul Huda Ngreco dengan mengambil kelas VA. Hasil penelitian: 1) Tahap pengembangan media yang pertama analisis yang dilakukan dengan analisis kinerja dan analisis kebtuhan. Tahap kedua yaitu desain yang meliputi 3 tahapan pra produksi, produksi, dan pasca produksi. Tahap ketiga pengembangan dilakukan penyesuaian dengan struktur model tahapan perencanaan. Tahap keempat yaitu implementasi yang dilakukan dengan uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar. Tahap yang kelima yaitu evaluasi terhadap produk untuk diperbaiki berdasarkan saran yang diperoleh. 2) Untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran berdasarkan penilaian dari ahli materi, ahli media, ahli mata pelajaran IPA. Uji coba dilakukan pada 22 peserta didik kelas VA MI Miftahul Huda Ngreco. Hasil penelitian ini adalah media pembelajaran lift the flap book yang telah dinyatakan layak oleh validator materi sebesar 72%, oleh validator media 77,1%, oleh validator mata pelajaran IPA 94%. 3) Hasil uji coba media pada peserta didik sebelum penggunaan media memperoleh rata-rata nilai sebesar 58,2 dan setelah penggunaan media pembelajaran memperoleh nilai rata-rata sebesar 94,8 dengan N-Gain 0,85 dalam kategori peningkatan tinggi. Berdasarkan hasil yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran lift the flap book ini dapat digunakan dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan dapat meningkatkan hasil belajar dalam diri peserta didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ananda Nurlaily Habibah
Date Deposited: 06 Sep 2022 08:37
Last Modified: 06 Sep 2022 08:37
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5927

Actions (login required)

View Item View Item