Azizah, Cahiyatul (2022) Implemetasi Metode Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas IV Di SD Islam Maarif Sukorejo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932134918_prabab.pdf Download (302kB) |
|
Text
932134918_bab1.pdf Download (120kB) |
|
Text
932134918_bab2.pdf Download (203kB) |
|
Text
932134918_bab3.pdf Download (191kB) |
|
Text
932134918_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (259kB) |
|
Text
932134918_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (45kB) |
|
Text
932134918_bab6.pdf Download (32kB) |
|
Text
932134918_daftarpustaka.pdf Download (94kB) |
|
Text
932134918_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
932134918_suratpernyataan.pdf Download (54kB) |
Abstract
Azizah, Cahiyatul. 2022. Implementasi Metode Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Dalam Pembelajaran PAI Di SD Islam Maarif Sukorejo. Skripsi, Pendidikan Agama Islam. Tarbiyah. Institut Agama Islam Negeri Kediri. Dosen Pembimbing Drs. Moh. Irfan Burhani, M.Psi Dan Nila Zaimatus Septiana, M.Pd. Kata Kunci : Hasil Belajar, Make a Match, Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya daya serap siswa terhadap materi yang mengakibatkan menurunnya hasil belajar siswa dalam kegiatan belajar mengajar. Dari hasil data pra siklus nilai ulangan harian mata pelajaran PAI siswa kelas 4 SD Islam Maarif Sukorejo menunjukkan bahwa kelas ini tergolong kelas yang hasil belajarnya rendah. Dari 23 siswa terdapat 9 siswa yang memperoleh nilai diatas KKM dan 14 siswa belum mencapai KKM. Hal ini dikarenakan guru selalu menggunakan metode ceramah pada setiap materi yang mengakibatkan siswa bosan dan tidak memperhatikan guru. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar PAI siswa kelas 4 SD Islam Maarif Sukorejo setelah diterapkannya metode pembelajaran cooperative learning Tipe make a match. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan beberapa tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini di laksanakan dalam dua siklus dengan subjek siswa kelas IV SD Islam Maarif Sukorejo. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, tes hasil belajar, dan catatan lapangan.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pra siklus hasil belajar siswa kelas IV dengan nilai rata-rata 72,4 dan presentase ketuntasan kelas 39,2%, hal ini membuktikan bahwa pada pra siklus hasil belajar siswa masih belum memenuhi kriteria ketuntasan maksimal. Setelah diadakannya siklus I diperoleh nilai rata-rata 74,2 dan nilai presentase ketuntasan 60,9%. Akan tetapi belum memenuhi kriteria ketuntasan kelas yakni 80%. Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata siswa 90,7 dan presentase ketuntasan 95,7%. Pada siklus II ini hasil belajar siswa sangat meningkat dan ketuntasan belajar siswa secara klasikal sudah tercapai. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran make a match pada mata pelajaran PAI dapat meningkatkan hasil belajar siswa di SD Islam Maarif Sukorejo.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators (Pendidikan Guru dan Pengembangan Profesional Pendidik) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Cahiyatul Azizah |
Date Deposited: | 06 Sep 2022 02:45 |
Last Modified: | 06 Sep 2022 02:45 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5924 |
Actions (login required)
View Item |