Pengaruh Gaya Belajar Dan Motivasi Terhadap Pemahaman Siswa Mata Pelajaran Matematika Kelas V SD Plus Rahmat Banjaran Kediri

Purnamawati, Ika (2022) Pengaruh Gaya Belajar Dan Motivasi Terhadap Pemahaman Siswa Mata Pelajaran Matematika Kelas V SD Plus Rahmat Banjaran Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932605418_prabab.pdf

Download (581kB)
[img] Text
932605418_bab1.pdf

Download (242kB)
[img] Text
932605418_bab2.pdf

Download (368kB)
[img] Text
932605418_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB)
[img] Text
932605418_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (419kB)
[img] Text
932605418_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB)
[img] Text
932605418_bab6.pdf

Download (99kB)
[img] Text
932605418_daftarpustaka.pdf

Download (132kB)
[img] Text
932605418_suratpernyataan.pdf

Download (371kB)

Abstract

Gaya belajar setiap siswa kelas V SD Plus Rahmat pasti berbeda-beda. Ada siswa yang lebih menyukai pembelajaran melalui penjelasan guru yang harus diulang-ulang, ada juga siswa yang menyukai pembelajaran dari penjelasan temannya baru dia bisa paham. Motivasi yang rendah membutuhkan gaya belajar yang bervariasi. Selain itu, pemahaman siswa juga membutuhkan motivasi dari guru maupun orang tua agar siswa mendapatkan hasil yang optimal. Skripsi ini adalah hasil penelitian kuantitatif melalui metode korelasi, yaitu untuk menguji hipotesisnya apakah gaya belajar dan motivasi berpengaruh terhadap pemahaman siswa mata pelajaran matematika kelas V SD Plus Rahmat Banjaran Kediri. Data penelitian ini diambil melalui angket yang disebarkan kepada sampel dengan jumlah 111 yaitu siswa kelas 5 SD Plus Rahmat Banjaran Kediri. Untuk mengetahui hal tersebut maka membutuhkan bantuan aplikasi SPSS yang digunakan untuk mengetahui hasil uji T dan uji F. Hasil perhitungan uji t pada variabel X1 terhadap Y menunjukkan bahwa dilihat berdasarkan hasil perolehan dari perbandingan thitung dengan ttabel, apabila taraf kesalahan 5% untuk uji dua pihak, maka nilai ttabel adalah 1,982. Maka dapat diketahui thitung > ttabel (2,121 > 1,982). Sehingga pada tingkat kekeliruan 5% Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti variabel gaya belajar berpengaruh terhadap pemahaman. Sedangkan hasil uji t pada variabel X2 terhadap Y menunjukkan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05 dan perbandingan antara nilai thitung dengan ttabel sebesar 4,535 > 1,982, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara gaya belajar terhadap pemahaman siswa. Sedangkan hasil uji f variabel X1 terhadap Y menunjukkan bahwa nilai signifikan sebesar 0,042 < 0,05 dan perbandingan antara nilai Fhitung dengan Ftabel sebesar 4,248 > 3,080, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh antara gaya belajar terhadap pemahaman. Untuk hasil uji f variabel X2 terhadap Y nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05 dan perbandingan antara nilai Fhitung dengan Ftabel sebesar 19,952 > 3,080, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh antara motivasi terhadap pemahaman siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ika Purnamawati
Date Deposited: 07 Sep 2022 07:51
Last Modified: 07 Sep 2022 07:51
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5917

Actions (login required)

View Item View Item