Strategi Guru Madrasah Diniyah Dalam Pembinaan Akhlakul Karimah Pada Peserta Didik Kelas IV MI Miftahul Huda Silir

Haliza, Nur (2022) Strategi Guru Madrasah Diniyah Dalam Pembinaan Akhlakul Karimah Pada Peserta Didik Kelas IV MI Miftahul Huda Silir. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932108718_prabab.pdf

Download (566kB)
[img] Text
932108718_bab1.pdf

Download (338kB)
[img] Text
932108718_bab2.pdf

Download (371kB)
[img] Text
932108718_bab3.pdf

Download (329kB)
[img] Text
932108718_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (400kB)
[img] Text
932108718_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (391kB)
[img] Text
932108718_bab6.pdf

Download (290kB)
[img] Text
932108718_daftarpustaka.pdf

Download (404kB)
[img] Text
932108718_suratpernyataan.pdf

Download (326kB)

Abstract

NUR HALIZA. 2022. Strategi Guru Madrasah Diniyah Dalam Pembinaan Akhlakul Karimah Pada Peserta Didik Kelas IV Mi Miftahul Huda Silir, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri. Pembimbing (1) Dr. Kadi, M.Pd.I, dan (2) Zakiyatus Soimah, M.H.I Kata Kunci: Strategi, Guru Madrasah Diniyah, Akhlakul Karimah Strategi pembinaan akhlak sangat penting untuk dilakukan di usia sedini mungkin. Hal ini dikarenakan usia dini merupakan waktu yang tepat untuk memberikan suatu rangsangan positif kepada peserta didik. Rangsangan positif tersebut membawa pengaruh terhadap perkembangan akhlak peserta didik selanjutnya. Seorang anak akan tumbuh sesuai dengan kebiasaan yang ditanamkan oleh sang pendidik, maka dari itu guru diharuskan mampu memilih strategi pembinaan yang tepat dalam menjalankan proses pembinaan akhlak pada peserta didik. Diantara strategi pembinaan akhlak yang dilakukan oleh guru adalah dengan pembelajaran madrasasah diniyah yakni melalui kitab-kitab, kitab yang diajarkan meliputi kitab Aqidatul Awam, Tanwirul Qori’, Tarikh Islam, Matlab dan Mabadi’ Juz II. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk Mengetahui Bagaimanakah Strategi Guru Madrasah Diniyah dalam Pembinaan Akhlakul Karimah Peserta Didik Kelas IV di MI Miftahul Huda Silir. (2) Untuk Mengetahui Faktor Pendukung dan Penghambat Guru Madrasah Diniyah dalam Pembinaan Akhlakul Karimah Peserta Didik Kelas IV MI Miftahul Huda Silr (3) Untuk Mengidentifikasi Apa Saja Hasil Guru Madrasah Diniyah dalam Pembinaan Akhlakul Karimah Peserta Didik di MI Miftahul Huda Silir. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun hasilnya adalah: (1) Diantara strategi yang digunakan guru madrasah diniyah dalam pembinaan akhlakul karimah pada peserta didik antara lain adalah dengan menggunakan pendekatan secara individual maupun kelompok peserta didik. Dalam strateginya guru madrasah diniyah menggunakan kitab-kitab yang diajarkan dikelas sebagai alternatif pembinaan akhlak pada peserta didik. Hal ini dilakukan karena nilai-nilai pendidikan islam yang ada di dalam kitab tersebut dianggap mampu menuntun peserta didik menjadi yang lebih baik lagi. (2)faktor pendukung pembinaan akhlakul karimah adalah Guru yang berkualitas dalam pengajarannya, lingkungan Yayasan MI Miftahul Huda yang relatif berdekatan membuat proses pembinaan akhlakul karimah dilakukan oleh seluruh pihak yang ada, Sifat peserta didik yang mulai terbuka dalam menerima segala hal. Diantara faktor penghambatnya adalah peserta didik yang pada umumnya yang ramai dikelas, berbicara dan bersikap kurang sopan terhadap teman maupun kepada guru, Lingkungan peserta didik, seperti yang kita ketahui lingkungan sangat berpengaruh terhadap perkembangan pola pikir dan akhlak anak. Kemampuan yang berbeda dari setiap peserta didik juga membuat pembinaan akhlak ini sedikit terhambat. (3) Terbentuknya Sikap sabar dan Ikhlas serta bertanggung jawab dalam menjalankan kewajibannya sebagai seorang peserta didik. Serta timbulnya akhlakul karimah yang lainnya seperti menyapa guru dengan sopan santun dan salam.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur Haliza
Date Deposited: 15 Dec 2022 07:36
Last Modified: 15 Dec 2022 07:36
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5914

Actions (login required)

View Item View Item