Kode Etik Pendidik Dalam Film Big Brother Perspektif Imam Alghazali

Putro, Dwi Anggoro (2022) Kode Etik Pendidik Dalam Film Big Brother Perspektif Imam Alghazali. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932142618_Prabab.pdf

Download (584kB)
[img] Text
932142618_bab1.pdf

Download (408kB)
[img] Text
932142618_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (369kB)
[img] Text
932142618_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB)
[img] Text
932142618_bab4.pdf

Download (126kB)
[img] Text
932142618_daftarpustaka.pdf

Download (198kB)
[img] Text
932142618_Suratpernyataanpublikasi.pdf

Download (139kB)

Abstract

Film merupakan media yang baik untuk menyampaikan pesan-pesan dalam kehidupan. Begitupula dengan pendidikan, film akan berperan penting dalam tayangannya. Banyak film yang masih mengandung unsur negatif dalam penayangannya. Dalam pembelajaran di sekolah masih banyaknya guru yang kurang memperhatikan kode etik sebagai guru. Sehingga penelitian pada film Big Brother untuk mengetahui apa saja kode etik pendidik dengan pandangan melalui Imam Al-ghazali pada kitab Ihya’ Umuludin. Maka dari itu Fokus penelitian ini yaitu: (1) Apa saja kode etik pendidik dalam film Big Brother. (2) Bagaimana relevansi nilai kode etik pendidik dalam film Big Brother dengan Kitab Ihya’ Umuludin. Jenis Penelitian ini adalah Library Researh, yaitu analisis kode etik pendidik dalam film Big Brother dan relevansinya terhadap hode etik yang ada pada kitab Ihya’umuludin. Dilanjutkan dengan pembahasan melalui teori yang ada dan penelitian terdahulu untuk mendapatkan data yang lebih relevan. Hasil penelitian yang dilakukan, maka penulis dapat menyimpulkan dalam film Big Brother, bahwa Guru dalam film Big Brother menjalankan kode etik dengan baik. Kode etik dalam film Big Brother antara lain: guru melindungi peserta didiknya dari gangguan yang menghambat proses belajarnya, guru berperilaku secara profesional, guru berusaha mencegah (menasehati) perkembangan negatif peserta didik, guru harus dapat menciptakan suasana menarik untuk para murid. Relevansi kode etik guru dalam film Big Brother dengan Kitab Ihya’ Umuludin adalah guru melindungi peserta didiknya dari gangguan yang menghambat proses belajarnya dengan Memperlakukan seperti anak sendiri, guru berperilaku secara profesional dengan Tidak mencari upah, dan guru berperilaku secara profesional, guru berusaha mencegah (menasehati) perkembangan negatif peserta didik dengan Menasehati murid untuk selalu mempelajari tingkat itu sampai paham.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators (Pendidikan Guru dan Pengembangan Profesional Pendidik)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dwi Anggoro Putro
Date Deposited: 05 Sep 2022 06:09
Last Modified: 05 Sep 2022 06:09
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5902

Actions (login required)

View Item View Item