Penerapan Nilai-nilai Islam Dalam Pembentukan Akhlakul Karimah Pada Siswa di MA Ma’arif Pare-Kediri

Akbar, Ahmad Maulana (2013) Penerapan Nilai-nilai Islam Dalam Pembentukan Akhlakul Karimah Pada Siswa di MA Ma’arif Pare-Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932110909-prabab.pdf

Download (90kB)
[img] Text
932110909-bab1.pdf

Download (62kB)
[img] Text
932110909-bab2.pdf

Download (83kB)
[img] Text
932110909-bab3.pdf

Download (79kB)
[img] Text
932110909-bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB)
[img] Text
932110909-bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB)
[img] Text
932110909-bab6.pdf

Download (29kB)
[img] Text
932110909-dafpus.pdf

Download (29kB)

Abstract

Dengan makin pesatnya ilmu pengetahuan dan teknologi serta media masa maka semakin pesat pula perubahan yang terjadi pada akhlak manusia, baik terhadap perubahan yang positif maupun yang negatif. Sehingga untuk menanggapi itu seorang pendidik harus dapat memberikan pendidikan yang dapat membentuk akhlakul karimah siswa melalui nilai-nilai Islam. Untuk penerapan nilai-nilai Islam di butuhkan metode khusus supaya proses pembentukan akhlakul karimah dapat tercapai dengan baik. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penerapan nilai-nilai Islam dalam pembentukan akhlakul karimah pada siswa di MA Ma’arif Kecamatan Pare Kabupaten Kediri; 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat proses pembentukan akhlak peserta didik melalui penerapan nilai-nilai Islam di MA Ma’arif Kecamatan Pare Kabupaten Kediri. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yaitu suatu metode yang mempunyai ciri-ciri antara lain: latar alami, peneliti sebagai instrumen kunci, dan penelitinya bersifat deskriptif. Berkaitan dengan itu, untuk memperoleh data dilapangan dalam rangka mendiskripsikan dan menjawab permasalahan yang sedang diteliti maka digunakan metode pengumpulan data seperti observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dimana ketiga komponen ini merupakan suatu rangkaian yang tidak terpisahkan guna memperoleh data dalam penelitian. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa metode yang di gunakan MA Ma’arif dalam menerapkan nilai-nilai Islam dalam pembentukan akhlakul karimah pada siswa adalah 1) Pembiasaan; 2) Keteladanan; 3) Pengadaan kegiatan keagamaan. Faktor-faktor yang menjadi pendukung terlaksananya; 4) Memasukan nilai-nilai Islam dalam peraturan dan tatatertib. Faktor pendukung dan penghambat proses penerapan nilai-nilai Islam dalam pembentukan akhlakul karimah pada siswa di MA Ma’arif pare. Faktor pendukung adalah: 1) Adanya keteladanan dan keprofesionalan pendidik; 2) Lembaga MA Ma’arif yang berada di bawah naungan MWC NU pare; 3) Adanya sistem dan metode yang diterapkan; 4) Adanya kaderisasi siswa melalui IPNU dan IPPNU; 5) Adanya komunikasi yang baik; 6) Tersediaanya sarana prasarana. Faktor penghambat adalah: 1) Pengaruh IPTEK yang sulit terkontrol; 2) Karakterisitik siswa yang berbeda; 3) Kurangnya konsistensi guru; 4) Adanya pengaruh lingkungan; 5) Kurangnya motivasi dan dukungan dari orang tua.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education (Pendidikan dan pelatihan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 20 Aug 2019 03:25
Last Modified: 20 Aug 2019 03:25
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/588

Actions (login required)

View Item View Item