Manajemen Kurikulum Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus di SLB Muhammadiyah Golokan Sidayu Gresik

Warda, Citra Naila (2022) Manajemen Kurikulum Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus di SLB Muhammadiyah Golokan Sidayu Gresik. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932409518_prabab.pdf

Download (445kB)
[img] Text
932409518_bab1.pdf

Download (343kB)
[img] Text
932409518_bab2.pdf

Download (355kB)
[img] Text
932409518_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB)
[img] Text
932409518_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (651kB)
[img] Text
932409518_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB)
[img] Text
932409518_bab6.pdf

Download (90kB)
[img] Text
932409518_daftarpustaka.pdf

Download (326kB)
[img] Text
932409518_suratpernyataan.pdf

Download (352kB)

Abstract

ABSTRAK CITRA NAILA WARDA, Dosen Pembimbing Addin Arsyadana, M.Pd.I., dan Nurul Hudha Purnomo, M.Pd., Manajemen Kurikulum Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di SLB Muhammadiyah Golokan Sidayu Gresik, Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2022. Kata kunci: Manajemen, Kurikulum, Manajemen Kurikulum, Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Pengembangan kurikulum di SLB Muhammadiyah Golokan berdasarkan pada kenyataan bahwa bangsa Indonesia dihadapkan pada tantangan eksternal berupa hadirnya Revolusi Industri 4.0 yang bertumpu pada cyber physical system, dengan didukung oleh kemajuan teknologi, berbasis informasi, pengetahuan, inovasi dan jejaring yang menandai era penegasan munculnya abad kreatif. Sehingga dapat meningkatkan capaian hasil belajar peserta didik secara holistik baik dari aspek kompetensi kognitif maupun non kognitif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen kurikulum Anak Berkebutuhan Khusus dari tahap perencaaan, pelaksanaan dan evaluasi di SLB Muhammadiyah Golokan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskripti kualitatif, yaitu dengan memperoleh sumber data dari kepala sekolah, waka kurikulum dan guru kelas, kemudian dilanjutkan dengan pengumpulan data dengan menggunakan metode berupa observasi wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan, perencanaan kurikulum di SLB Muhammadiyah Golokan dilalui dengan beberapa proses seperti melakukan identifikasi dan asesmen, membentuk tim pengembang kurikulum. Perencanaan pengembangan kurikulum dilakukan melalui beberapa tahap yaitu (1) penyusunan draf berdasarkan analisis konteks, (2) review, revisi dan finalisasi, (3) pengesahan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa timur. Pada pelaksanaannya juga melakukan identifikasi dan asesmen. Pendekatan pembelajaran yang dilakukan secara individual dengan menggunakan model kurikulum reguler dengan modifikasi dan model kurikulum Program Pendidikan Individual. Pada Evaluasi dibagi menjadi 2 tingkatan, yaitu evaluasi kurikulum dan evaluasi pembelajaran. Pada evaluasi kurikulum melakukan peninjauan, pengembangan dan perbaikan kurikulum sedangkan evaluasi pembelajaran melakukan penilaian dan mengukur kemampuan dan perkembangan ABK.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130203 Economics, Business and Management Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Ekonomi, Bisnis dan Manajemen)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130312 Special Education and Disability (Pendidikan Khusus dan Disabilitas)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Citra Naila Warda
Date Deposited: 13 Sep 2022 07:26
Last Modified: 13 Sep 2022 08:01
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5879

Actions (login required)

View Item View Item