Strategi Guru Akidah Akhlak Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Religius Pada Siswa Di MI Liwaul Islam Kedungsoko Lamongan

Sakdiyah, Roudhotu Fatimatus (2022) Strategi Guru Akidah Akhlak Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Religius Pada Siswa Di MI Liwaul Islam Kedungsoko Lamongan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932120118_prabab.pdf

Download (505kB)
[img] Text
932120118_bab1.pdf

Download (228kB)
[img] Text
932120118_bab2.pdf

Download (328kB)
[img] Text
932120118_bab3.pdf

Download (281kB)
[img] Text
932120118_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB)
[img] Text
932120118_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB)
[img] Text
932120118_bab6.pdf

Download (10kB)
[img] Text
932120118_daftar_pustaka.pdf

Download (200kB)

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi oleh kemrosotan akhlak pada peserta didik seperti sering berkata kotor, kurangnya sopan santun kepada guru, tidak mempunyai rasa takut pada guru, hal itu disebabkan karena kurang tertanamnya pendidikan agama yang kuat. Dari hal tersebut dapat diketahui bahwa penanaman nilai-nilai religius sangatlah penting untuk dilakukan agar tercipta peserta didik yang religius dan berakhlakul karimah. Semua umat manusia harus memiliki karakter akhlakul karimah sebagaimana ia hidup di dunia. Akhlakul karimah atau sikap terpuji merupakan sikap yang baik yang sesuai dengan ajaran Islam. Dalam menanamkan nilai-nilai religius tentunya guru akidah akhlak membutuhkan strategi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Cara guru akidah akhlak dalam menanamkan nilai-nilai religius pada siswa di MI Liwaul Islam Kedungsoko Lamongan. 2) Faktor pendukung dan penghambat dalam menanamkan nilai-nilai religius pada siswa di MI Liwaul Islam Kedungsoko Lamongan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian lapangan, dengan mengambil latar di MI Liwaul Islam Kedungsoko Lamongan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model Miles dan Huberman yaitu reduksi data (mengolah data). menyajikan data sesuai dengan pokok bahasan serta menyimpulkan data, dan pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini adalah: 1) Cara Guru Akidah Akhlak dalam menanamkan nilai-nilai religius pada siswa di MI Liwaul Islam Kedungsoko Lamongan, yaitu memberi teladan yang baik, baik dari segi berpakaian, sikap dan cara berbicara, membiasakan siswa berakhlakuk karimah dan menggunakan metode yang sesuai dalam pembelajaran supaya peserta didik dapat memahami materi yang diajarkan. 2) Faktor pendukung dalam menanamkan nilai-nilai religius pada siswa, yaitu adanya program-program pembiasaan yang bersifat religi di lingkungan sekolah dan adanya TPQ dan madin (Madrasah Diniyah) di lingkungan masyarakat. Adapun faktor penghambatnya, yaitu orang tua kurang perhatian dalam penananaman nilai-nilai religius dirumah, kemampuan siswa yang berbeda-beda dan teman sebaya.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220403 Islamic Studies (Studi Islam) > 22040302 Morals and Sufism (Akhlak dan Tasawuf) > 2204030201 Morals (Akhlak)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Raudhotul Fatimatus Sakdiyah
Date Deposited: 09 Sep 2022 03:45
Last Modified: 09 Sep 2022 03:45
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5874

Actions (login required)

View Item View Item