Masluhah, Dimas Ayu (2022) Kolaborasi Guru dan Orang Tua dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur'an Siswa SDIT Cendikia Lamongan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN.
![]() |
Text
932115718_prabab.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
932115718_bab1.pdf Download (782kB) |
![]() |
Text
932115718_bab2.pdf Download (368kB) |
![]() |
Text
932115718_bab3.pdf Download (145kB) |
![]() |
Text
932115718_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (995kB) |
![]() |
Text
932115718_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (362kB) |
![]() |
Text
932115718_bab6.pdf Download (118kB) |
![]() |
Text
932115718_daftar_pustaka.pdf Download (1MB) |
Abstract
Latar belakang masalah penelitian ini yaitu membahas tentang kolaborasi guru dan orang tua yang turut berpartisipasi dalam program sekolah untuk mencapai tujuan dengan mengawasi, mengontrol serta menjaga anak-anaknya dalam menjaga dan membantu menghafal Al-Qur’an agar mencapai target sesuai dengan standart sekolah yang telah ditentukan. Karena tidak banyak siswa yang belum mencapai target dikarenakan masih ada beberapa anak yang menemui kesusahan dalam menghafal. Perkembangan hafalan anak dipengaruhi oleh kebiasaan cara menjaga dan mengajar hafalan Al-Qur’an orang tua dirumah sebelum belajar disekolah bersama guru. Maka dari itu untuk mengatasi permaslahan tersebut diperlukan kerjasama orang tua dan guru agar anak dapat menghafal dengan lancar dan tidak tertinggal dengan temannya serta dapat mencapai target. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem kolaborasi guru dan orang tua, tugas guru, tugas orang tua serta implikasi guru dan orang tua dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an siswa SDIT Cendikia Lamongan. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif deskriptif yang berlokasikan di SDIT Cendikia Lamongan. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu: observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian tentang kolaborasi guru dan orang tua dalam meningkatkan menghafal Al-Qur’an siswa SDIT Cendikia Lamongan. 1) bentuk kolaborasi guru dan orang tua melalui komunikasi (informasi secara langsung, buku penghubung, konsultasi, whatsapp). 2) Tugas guru dan orang tua dalam meningkatkan kemampuan menghafal dengan menyusun konsep dan melakukan kegiatan dengan memilihkan metode yang tepat untuk siswa, menyusun kegiatan pendidikan seperti menyusun mengatur jadwal program pembelajaran, pemberian motivator dan apresiasi kepada siswa dan yang terakhir yaitu melaporkan hasil evaluasi untuk mengetahui kemampuan anak. 3) Tugas orang tua dalam meningkatkan kemampuan menghafal yaitu menjaga makanan dan minuman halal, memperdengarkan murotal dan muroja’ah dirumah, memberikan semangat serta menumbuhkan rasa percara diri kepada siswa, turut aktif dalam program sekola, konsultasi dengan guru, mendorong perkembangan anak sesuai dengan kemampuan yang dimiliki anak untuk menyalurkan bakatnya. 4) Faktor pendukung orang tua dan guru diantaranya yaitu komunikasi antara guru dan orang tua, sikap dan karakter keluarga, dan keadaan sosial dari ketiga faktor tersebut ada keterlibatan yang harus dijaga antara guru dan orang tua untuk membentuk kepribadian dan ketekunan anak yang baik dalam menghafal Al Qur’an serta dapat memberikan fasilitas anak agar pembelajaran lebih maksimal.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Dimas Ayu Masluhah |
Date Deposited: | 21 Apr 2025 00:48 |
Last Modified: | 21 Apr 2025 00:48 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5839 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |