Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Pembinaan Moral Siswa (Studi Kasus Di SMAN 3 Kediri Tahun 2013)

Hasim, Fu'ad (2013) Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Pembinaan Moral Siswa (Studi Kasus Di SMAN 3 Kediri Tahun 2013). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932102309-prabab.pdf

Download (71kB)
[img] Text
932102309-bab1.pdf

Download (52kB)
[img] Text
932102309-bab2.pdf

Download (106kB)
[img] Text
932102309-bab3.pdf

Download (73kB)
[img] Text
932102309-bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB)
[img] Text
932102309-bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (64kB)
[img] Text
932102309-bab6.pdf

Download (31kB)
[img] Text
932102309-dafpust.pdf

Download (30kB)

Abstract

Pembinaan moral merupakan kebutuhan yang penting dalam dunia pendidikan. Moral ini dapat dikembangkan menjadi lebih baik dan bernilai melalui proses pembelajaran yang berkarakter. Salah satu upaya yang tepat bagi pendidik adalah dengan menanamkan nilai-nilai pendidikan agama Islam. Oleh karena itu penulis tertarik untuk meneliti tentang: Penanaman Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam Dalam Pembinaan Moral Siswa (Studi Kasus Di SMAN 3 Kediri Tahun 2013). Dengan fokus penelitian: 1) Bagaimana perencanaan penanaman nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam pembinaan moral siswa SMAN 3 Kediri?, 2) Bagaimana metode penanaman nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam pembinaan moral siswa SMAN 3 Kediri? Dan 3) Bagaimana evaluasi penanaman nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam pembinaan moral siswa SMAN 3 Kediri? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun jenisnya adalah studi kasus. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, paparan atau penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: 1) Perencanaan penanaman nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam pembinaan moral siswa SMAN 3 Kediri adalah: Pertama, Pembagian tugas pelaksana kegiatan dan Penanggung jawab kegiatan dari Kepala Sekolah yang diberikan kepada guru yang ditunjuk sebagai pembina, Kedua, pemberian alokasi waktu untuk pelaksanaan penanaman nilai-nilai dan karakter melaui penjadwalan. Ketiga, Merencanaan perangkat pembelajaran disertai nilai-nilai pendidikan agama islam. 2) Pelaksanaan metode yang digunakan dalam penanaman nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam pembinaan moral di SMAN 3 Kediri dibagi menjadi 2 (dua) yaitu: Pertama, Materi penanaman nilai-nilai pendidikan agama Islam yang bersifat teoritis metode yang digunakan adalah metode ceramah dan dialog. Kedua, Materi penanaman nilai-nilai pendidikan agama Islam yang bersifat praktis metode yang digunakan adalah praktek berkelompok atau bersosial. Ketiga, Penanaman nilai-nilai pendidikan agama Islam secara praktis, ada beberapa metode yang telah dilaksanakan yaitu: Pembiasaan Akhlak mulia ketika memasuki area sekolah, Pembiasaan kegiatan rutin, kegiatan sopan, kegiatan terprogram, Kegiatan keteladanan oleh seluruh warga SMA Negeri 3 Kediri, Kondusifitas lingkungan sekolah. 3) Evaluasi penanaman nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam pembinaan moral siswa SMAN 3 Kediri adalah dilakukan dalam bentuk catatan tertulis perilaku harian siswa dan dalam bentuk pengamatan secara langsung.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education (Pendidikan dan pelatihan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 20 Aug 2019 02:33
Last Modified: 20 Aug 2019 02:33
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/583

Actions (login required)

View Item View Item