Pengaruh Penguasaan Materi Aqidah Akhlak Terhadap Perilaku Keagamaan Siswa Kelas VIII Di MTsN 4 Kediri

Efendi, Yayan Tri Budi (2022) Pengaruh Penguasaan Materi Aqidah Akhlak Terhadap Perilaku Keagamaan Siswa Kelas VIII Di MTsN 4 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932131515_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932131515_bab1.pdf

Download (262kB)
[img] Text
932131515_bab2.pdf

Download (532kB)
[img] Text
932131515_bab3.pdf

Download (622kB)
[img] Text
932131515_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (459kB)
[img] Text
932131515_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB)
[img] Text
932131515_bab6.pdf

Download (98kB)
[img] Text
932131515_daftar_pustaka.pdf

Download (177kB)

Abstract

ABSTRAK YAYAN TRI BUDI EFENDI, 2020. PENGARUH PENGUASAAN MATERI AQIDAH AKHLAK TERHADAP PERILAKU KEAGAMAAN SISWA KELAS VIII DI MTSN 4 KEDIRI, Dosen Pembimbing: Dr. Hj. Mu‟awanah, M.Pd dan M. Alim Khoiri, S.H.I, M.Sy. Kata Kunci : Aqidah Akhlak, Perilaku Keagamaan. Penguasaan materi pelajaran Aqidah Akhlak yang baik seharusnya mampu membentuk peserta didik menjadi berperilaku sesuai dengan perilaku yang ada di materi pelajaran Aqidah Akhlak dan akan mengetahui sejauh mana perilaku keagamaan siswa tersebut. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui penguasaan materi aqidah akhlak, perilaku keagamaan siswa, dan pengaruh penguasaan materi aqidah akhlak terhadap perilaku keagamaan siswa kelas VIII di MTsN 4 Kediri. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian regresi atau meneliti pengaruh antar variabel dengan subjek yang diteliti sebanyak 80 siswa. Untuk mendapatkan data yang diperlukan, peneliti menggunakan instrumen berupa kuesioner yang diberikan kepada siswa MTsN 4 Kediri. Pengumpulan data dilakukan dengan angket, analisis data mengunakan metode regresi linier sederhana dan analisis korelasi. Berdasarkan hasil perhitungan statistik deskriptif dapat diketahui bahwa penguasaan materi aqidah akhlak pada siswa kelas VIII di MTsN 4 Kediri termasuk dalam kategori cukup. Sedangkan perilaku keagamaan siswa pada siswa kelas VIII di MTsN 4 Kediri termasuk dalam kategori cukup. Hasil penghitungan koefisien regresi sederhana memperlihatkan nilai koefisien konstanta adalah sebesar 5,708 koefisien variabel bebas (X) adalah sebesar ,854. Sehingga diperoleh persamaan regresi Y=5,708+,854X. Nilai koefisien regresi variabel penguasaan materi aqidah akhlak adalah ,854 yang artinya bahwa setiap peningkatan perilaku keagamaan siswa sebesar 1% maka angka kenaikan variabel penguasaan materi aqidah akhlak adalah sebesar 85,4%. Diketahui bahwa nilai thitung adalah sebesar 17,414. nilai t tersebut akan dibandingkan dengan nilai ttabel (n= 79, df=1) yaitu 1.84. Dibandingkan dengan nilai ttabel, nilai thitung lebih besar dari ttabel sehingga Ho ditolak. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa Ha diterima yaitu terdapat hubungan positif antara antara penguasaan materi aqidah akhlak dengan perilaku keagamaan siswa Kelas VIII di MTsN 4 Kediri. Nilai KD yang diperoleh adalah ,761 Sehingga dapat ditafsirkan bahwa variabel penguasaan materi aqidah akhlak memiliki pengaruh kontribusi sebesar 76,1% terhadap variabel perilaku keagamaan siswa. Sedangkan sisanya sebesar 23,9% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yayan Tri Budi Efendi
Date Deposited: 06 Sep 2022 03:50
Last Modified: 06 Sep 2022 03:50
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5816

Actions (login required)

View Item View Item