Upaya Pengelolaan Sarana Dan Prasarana Untuk Meningkatkan Proses Pembelajaran Mata Pelajaran Rumpun Pai Di Mtsn 9 Kediri

Sholikhah, Maya Maratus (2022) Upaya Pengelolaan Sarana Dan Prasarana Untuk Meningkatkan Proses Pembelajaran Mata Pelajaran Rumpun Pai Di Mtsn 9 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932127518_prabab.pdf

Download (965kB)
[img] Text
932127518_bab1.pdf

Download (161kB)
[img] Text
932127518_bab2.pdf

Download (212kB)
[img] Text
932127518_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB)
[img] Text
932127518_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB)
[img] Text
932127518_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB)
[img] Text
932127518_bab6.pdf

Download (42kB)
[img] Text
932127518_daftarpustaka.pdf

Download (162kB)

Abstract

Maya Maratus Sholikhah, Dosen Pembimbing Dr. Wahidul Anam, M. Ag dan Nila Lukmatus Syahidah, M.Pd.I Upaya Pengelolaan Sarana Dan Prasarana Untuk Meningkatkan Proses Pembelajaran Mapel Rumpun PAI Di MTsN 9 Kediri, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2022. Kata kunci: Upaya,Pengelolaan,Sarana Prasarana Dalam proses pembelajaran pendidikan agama islam memerlukan sarana prasarana atau fasilitas yang memadai, baik secara langsung maupun tidak langsung. Namun masih banyak sekolah dan lembaga pendidikan lain yang fasilitasnya belum memadai bahkan masih banyak sekolah-sekolah yang sarana dan prasarana masih kurang, kelas yang dipakai ukurannya kurang luas atau tidak epresentative, sarana prasarana sebagai penunjang kegiatan pembelajaran sangat terbatas. Sehingga perlu upaya besar dalam pemenuhan dan peningkatan proses pembelajaran di madrasah. Penelitian ini bertujuan untuk: 1.Mengetahui upaya pengelolaan sarana prasarana untuk meningkatkan proses pembelajaran mapel rumpun PAI di MTsN 9 Kediri, 2. Mengetahui faktor pendukung dan penghambat upaya pengelolaan sarana prasarana untuk meningkatkan proses pembelajaran mapel rumpun PAI di MTsN 9 Kediri Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data, peneliti mengunakan trianggulasi dan perpanjangan waktu penelitian. data primer dari penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Waka Sarana Prasarana, Guru PAI, Data sekunder berasal dari dokumen-dokumen berupa catatan-catatan. Hasil dari penelitian menujukkan pengelolaan sarana prasarana MTsN 9 Kediri, perencanaan pengadaan sarana prasarana sumber belajar pendidikan agama islami dilaksanakan dengan menganalisis kebutuhan sesuai dengan skala prioritas, memiliki koordinator khusus untuk mengelola sarana pendidikan agama islam di masing-masing lima lokasi, membangun kerjasama dengan banyak pihak terkait seperti pemerintahan desa, pengurus ta’mir dan madin, wali murid siswa, serta masyarakat sekitar, melaksanakan pengelolaan fasilitas agama dengan memanfaatkan sarana prasarana ibadah seperti masjid, mushola dan tempat wudhu untuk melaksanakan program ibadah wajib sekolah, praktek hafalan, mengaji dan praktek pembelajaran. Sedangkan faktor pendukung dan penghambat yaitu: adanya koordinator khusus PAI menangani sarana prasarana agama,sedangkan faktor penghambatnya belum tersedianya sarana prasarana pendidikan agama islam yang memadai.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maya Maratus Sholikhah
Date Deposited: 09 Sep 2022 07:16
Last Modified: 09 Sep 2022 07:16
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5795

Actions (login required)

View Item View Item