Praktik Pembacaan Surat Al-Fil(Kajian Living Qur'an di SMP Plus Darussalam Centong Kota Kediri)

Munir, Muhammad Fatchur (2022) Praktik Pembacaan Surat Al-Fil(Kajian Living Qur'an di SMP Plus Darussalam Centong Kota Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
933802918_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
933802918_bab1.pdf

Download (651kB)
[img] Text
933802918_bab2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
933802918_bab3.pdf

Download (463kB)
[img] Text
933802918_bab4.pdf

Download (953kB)
[img] Text
933802918_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
933802918_bab6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (450kB)
[img] Text
933802918_daftarpustaka.pdf

Download (871kB)

Abstract

MUNIR, MUHAMMAD FATCHUR, 2022. Praktik Pembacaan Surat al-Fi<l (Kajian Living Qur’an di SMP Plus Darussalam Centong Kota Kediri), Skripsi, Program Studi Ilmu al-Qur’an dan Tafsir, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, IAIN Kediri. Pembimbing (1) Febri Hijroh Mukhlis, S.Th.I, M.Hum dan (2) Abu Syamsudin, M.Th.I. Kata Kunci: Living Qur’an, Praktik Pembacaan al-Qur’an, Surat al-Fi<l Living Quran (fenomena Al-Qur’an yang hidup dalam masyarakat), Praktik pembacaan al-Qur’an sudah ada sejak masa Nabi Muhammad Saw. hingga saat ini. Terdapat beberapa praktik yang masyhur dikalangan mereka pada saat itu, misalnya adanya pembacaan surah al-Ikhlas, al-Falaq dan an-Nas yang dijadikan sebagai media terapi penyembuhan penyakit. Pada saat ini praktik tersebut juga sudah mulai masyhur dilakukan oleh kalangan umat muslim, khususnya di Indonesia. seperti yang terjadi di SMP Plus Darussalam Centong Kota Kediri yaitu praktik pembacaan surat al-Fi<l yang dilaksanakan oleh siswa-siswi. waktu pelaksanaanya yaitu hari kamis pukul setengah delapan pagi. Setiap siswa-siswi wajib mengikuti kegiatan pembacaan tersebut. Pembacaan ini menarik karena di laksanakan di sekolah Formal (SMP) bukan di Pondok Pesantren. Pembacaan surat al-Fi<l ini dibaca sebanyak tiga kali. Keunikan dari tradisi ini adalah adanya pengulangan lafadz dan ayat, tepatnya pada lafadz tarmīhim yang diulang sebanyak sebelas kali dengan satu tarikan nafas. Penelitian ini berupaya untuk mengkaji fenomena praktik pembacaan surat al-Fi<l di SMP Plus Darussalam Centong Kota Kediri. Terdapat dua fokus kajian dalam penelitian ini, yaitu 1) bagaimana praktik pembacaan surat al-Fi<l di SMP Plus Darussalam Centong Kota Kediri 2) bagaimana pemaknaan pembacaan surat al-Fi<l di SMP Plus Darussalam Centong Kota Kediri. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif jenis penelitian lapangan, dengan cara memperoleh data melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara mengklasifikasikan data yang diperoleh setelah dilakukan pengecekan keabsahannya menggunakan triangulasi data. Penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan praktik pembacaan surat al-Fi<l di SMP Plus Darussalam Centong Kota Kediri diawali dengan membaca tawassul, membaca surat al-F>>>a>tihah, surat Ya>sin, surat al-Insyirah tiga kali, surat al-Qodar tiga kali, surat al-Fi<l tiga kali pada lafaz| tarmi>him di baca sebelas kali tanpa bernafas, surat al-Ikhla>s tiga kali, surat al-Falaq, surat an-Na>s, Istighfa<r, kalimat thayyibah, h{aukala<h, asma>ul h{usna, s{halawat, tauhid, dan yang terakir yaitu do’a. pelaksanaan praktik pembacaan surat al-Fi<l dipimpin oleh salah satu guru. Makna yang bisa diambil dari penelitian ini adalah 1) Ketika dibaca masyarakat sekitar atau siswa-siswi akan luluh dan perlahan akan mendapatkan hidayah dari Allah SWT. 2) Sebagai penolak bala’. 3) Menambah barokah serta 4) Sebagai wirid.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220403 Islamic Studies (Studi Islam) > 22040303 Al-Qur'an and Related Science (Al-Qur’an dan Ilmu yang Berkaitan) > 2204030309 Musabaqah Tilawatil Qur’an
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Muhammad Fatchur Munir
Date Deposited: 29 Aug 2022 03:51
Last Modified: 30 Aug 2022 01:51
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5776

Actions (login required)

View Item View Item