Ofiana, Leni (2022) Pengembangan Bahan Ajar Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pada Mata Pelajaran Tematik Kelas 1 SD Negeri Sumberagung. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932602918_prabab.pdf Download (636kB) |
|
Text
932602918_bab1.pdf Download (460kB) |
|
Text
932602918_bab2.pdf Download (637kB) |
|
Text
932602918_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (691kB) |
|
Text
932602918_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
Text
932602918_bab5.pdf Download (178kB) |
|
Text
932602918_daftarpustaka.pdf Download (398kB) |
|
Text
932602918_suratpernyataan.pdf Download (370kB) |
Abstract
Leni Ofiana, Dosen Pembimbing Dr. Fartika Ifriqia, M.Pd. dan Sheila Fakhria, M.H : Pengembangan Bahan Ajar Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pada Mata Pelajaran Tematik Kelas 1 SD Negeri Sumberagung Kata Kunci: Pengembangan Bahan Ajar, Buku Cerita Bergambar, Keterampilan Membaca Keterampilan membaca merupakan salah satu kunci bagi jenjang pendidikan dasar di tingkat kelas rendah. Penunjang dalam melatih keterampilan membaca yaitu dengan adanya bahan ajar yang mendukung proses sesuai dengan kebutuhan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengembangkan bahan ajar buku cerita bergambar untuk meningkatkan keterampilan membaca, (2) Mendeskripsikan kualitas kelayakan buku cerita bergambar untuk meningkatkan keterampilan membaca, (3) Mendeskripsikan efektivitas dari pengembangan bahan ajar buku cerita bergambar untuk meningkatkan keterampilan membaca. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan R&D (Research and Development). Tahap penyusunan produk penelitian memakai langkah dari Bog and Gall yang telah disederhanakan peneliti menjadi 9 tahapan yaitu (1) Pengumpulan Data, (2) Desain Produk, (3) validasi ahli, (4) revisi desain, (5) uji coba produk skala terbatas, (6) revisi produk, (7) uji coba produk secara luas, (8) revisi produk, (9) produk masal. Bahan ajar buku cerita bergambar dinyatakan sangat valid dan layak digunakan dalam pembelajaran keterampilan membaca mata pelajaran tematik kelas 1 SD. Hasil validasi dari ahli desain bahan ajar, ahli bahasa, dan ahli materi. Hasil diperoleh 80% dari ahli desain bahan ajar, 92% dari ahli bahasa, dan 98% dari ahli materi, dan angket respon siswa diperoleh rata-rata 1.592%. Hasil rata-rata N- Gain pada uji coba terbatas yaitu 0,6 dengan kriteria sedang. Sedangkan rata-rata N-Gain pada uji coba secara luas memperoleh hasil 0,7 dengan kriteria tinggi. Selain N-Gain diperoleh nilai hasil uji sample paired test pada pre test di uji coba terbatas rata-ratanya 66.67 sedangkan post test rata-ratanya 88.33. Hasil dari uji coba secara luas nilai pre test menghasilkan rata-rata sebesar 68.00 sedangkan post test nilai rata-ratanya sebesar 92.00. Maka penggunaan bahan ajar buku cerita bergambar memperoleh hasil efektif untuk meningkatkan keterampilan membaca dan terdapat pengaruh sesudah penggunaan bahan ajar buku cerita bergambar dalam meningkatkan keterampilan membaca
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Leni Oviana |
Date Deposited: | 25 Aug 2022 08:09 |
Last Modified: | 25 Aug 2022 08:09 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5743 |
Actions (login required)
View Item |