Rahmawati, Linda (2022) Pengembangan Media Roda Putar Untuk Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik Pada Pembelajaran IPS Kelas IV SDN 1 Kedungkumpul. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932604018_prabab.pdf Download (602kB) |
|
Text
932604018_bab1.pdf Download (234kB) |
|
Text
932604018_bab2.pdf Download (277kB) |
|
Text
932604018_bab3.pdf Download (230kB) |
|
Text
932604018_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
932604018_bab5.pdf Download (176kB) |
|
Text
932604018_daftarpustaka.pdf Download (194kB) |
|
Text
932604018_suratpernyataan.pdf Download (317kB) |
Abstract
ABSTRAK LINDA RAHMAWATI, Dosen Pembimbing Dr. MUHAMMAD ILMAN NAFI’AN, M.Pd dan CHOIRUL ANNISA, M.Pd, Pengembangan Media Roda Putar Untuk Meningkatakan Pemahaman Peserta Didik Pada Pembelajaran IPS Kelas IV SDN 1 Kedungkumpul, Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri, 2022. Kata Kunci: Pengembangan, Media Roda Putar, Pemahaman Peserta Didik Penelitian dan pembembangan ini dilatar belakangi oleh terbatasnya media pembelajaran, dimana pendidik hanya menggunakan buku peserta didik dan buku pendidik sebagai media pembalajaran. Berdasarkan latar belakang tersebut maka perlu adanya pengembangan media pembelajaran. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan media roda putar untuk meningkatkan pemahaman peserta didik kelas IV SDN 1 Kedungkumpul, mengetahui kevalidasn dan keefektifan pengembangan media roda putar untuk meningkatkan pemahaman peserta didik pada pembelajaran IPS kelas IV SDN 1 Kedungkumpul. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model menurut model Borg an Gall. Model Borg and Gall memiliki 10 langkah yang ditempuh yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi dedain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk, dan produk masal. Dalam penelitian ini, peneliti hanya menggunakan 9 langkah. Pada langkah produk masal tidak dilakukan oleh peneliti karena jika disebarluaskan, maka media roda putar akan di uji cobakan kembali. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN 1 Kedungkumpul. Hasil penelitian ini berupa produk media roda putar yang dikembangkan untuk meningkatkan pemahaman peserta didik dengan konsep bermain sambil belajar. Tingkat kevalidan media roda putar sebagai media pembelajaran berdasarkan penilaian: (1) ahli media diperoleh persentase sebesar 96%, (2) ahli materi diperoleh persentase sebesar 86%, (3) ahli pembelajaran diperoleh persentase sebesar 92,7%, (3) uji coba produk diperoleh persentase sebesar 94,5% dan uji coba pemakaian diperleh persentase 96,5%. Tingkat keefektifan media roda putar dapat dilihat dari hasil nilai pre test dan post test yang telah dilakukan menunjukkan ada perbedaan yang signifikan antara sebelum menggunakan media roda putar dan sesudah menggunakan media roda putar, yakni dengan perbedaan rata-rata nilai sebesar 32,96. Hasil analisis dengan paired sample test tersebut diperoleh signifikansi (2-tailed) 0,000 0,05, maka H0 ditolak. sehingga terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata nilai pre-test dengan rata-rata nilai post-test. Maka dapat disimpulkan bahwa produk media roda putar dapat dikatakan sangat valid dan efektif serta layak untuk digunakan dalam meningkatkan pemahaman peserta didik pada pembelajaran IPS kelas IV SDN 1 kedungkumpul
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Linda Rahmawati |
Date Deposited: | 24 Aug 2022 06:43 |
Last Modified: | 24 Aug 2022 06:43 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5733 |
Actions (login required)
View Item |