Aktualisasi Sabar Dalam Menangani Anak Berkebutuhan Khusus (Studi Terhadap Guru ABK Di Sekolah Alam Ramadhani Mojoroto Kota Kediri)

Ningrum, Utari Prima (2022) Aktualisasi Sabar Dalam Menangani Anak Berkebutuhan Khusus (Studi Terhadap Guru ABK Di Sekolah Alam Ramadhani Mojoroto Kota Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
933601018_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
933601018_bab1.pdf

Download (421kB)
[img] Text
933601018_bab2.pdf

Download (590kB)
[img] Text
933601018_bab3.pdf

Download (211kB)
[img] Text
933601018_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (451kB)
[img] Text
933601018_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (702kB)
[img] Text
933601018_bab6.pdf

Download (186kB)
[img] Text
933601018_daftarpustaka.pdf

Download (404kB)
[img] Text
933601018_LembarPersetujuan.pdf

Download (242kB)

Abstract

Kesabaran adalah hal terpenting yang harus dimiliki guru pada saat menangani anak berkebutuhan khusus. Hal ini karena dalam menangani dan mendidik anak berkebutuhan khusus tidaklah mudah dan tentunya tidak sama dengan menangani dan mendidik anak normal. Oleh karena itu, guru anak berkebutuhan khusus harus memiliki kesabaran yang lebih dalam menangani dan mendidik anak berkebutuhan khusus. Jika seorang guru telah menunjukkan kesabaran dalam hal mendidik anak berkebutuhan khusus pastinya akan mampu mengayomi semua anak dalam membantu mengembangkan potensi anak berkebutuhan khusus. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui bagaimana persepsi sabar menurut guru anak berkebutuhan khusus di Sekolah Alam Ramadhani Mojoroto Kota Kediri. (2) Mengetahui bagaimana aktualisasi sabar menurut guru ABK dalam menangani anak berkebutuhan khusus di Sekolah Alam Ramadhani Mojoroto Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif dan menggunakan jenis penelitian studi kasus agar lebih terperinci dan mendalam. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa pemahaman persepsi sabar guru ABK di Sekolah Alam Ramadhani adalah dengan dengan menerima apapun kondisi anak berkebutuhan khusus, mampu menahan diri dari semua perbuatan / perilaku negatif anak berkebutuhan khusus, memberikan toleransi terhadap anak berkebutuhan khusus, dan memiliki perhatian terhadap anak berkebutuhan khusus. Persepsi tentang kesabaran ini diaktualisasikan dengan terus memberikan bimbingan dan bantuan selama proses pembelajaran, bersedia memberikan materi pembelajaran berkali-kali agar siswa berkebutuhan khusus setidaknya dapat memahami apa yang disampaikan oleh guru, dengan selalu menunjukkan kasih sayang kepada anak berkebutuhan khusus dan tidak membeda-bedakan mereka dengan anak lain, dan dengan tidak mengenal menyerah dalam menangani anak berkebutuhan khusus, yang semuanya berpangkal pada berbagai bentuk pemahaman mengenai persepsi sabar. Pemahaman seorang guru tentang persepsi kesabaran dalam menangani anak berkebutuhan khusus dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain, usia, pengalaman, penguasaan ilmu, dan keyakinan agama (religiusitas). Terlepas dari kenyataan bahwa pemahaman persepsi sabar dari masing-masing subjek berbeda tetapi semua subjek sepakat bahwa sabar adalah kunci utama yang harus dimiliki guru pada saat menangani dan mendidik anak berkebutuhan khusus.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130312 Special Education and Disability (Pendidikan Khusus dan Disabilitas)
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Utari Prima Ningrum
Date Deposited: 26 Aug 2022 03:12
Last Modified: 26 Aug 2022 03:12
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5722

Actions (login required)

View Item View Item