Pengaruh PMRI Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) Siswa Pada Materi Deret

Munawaroh, Lailatul (2022) Pengaruh PMRI Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) Siswa Pada Materi Deret. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932306218_Prabab.pdf

Download (619kB)
[img] Text
932306218_Bab 1.pdf

Download (393kB)
[img] Text
932306218_Bab 2.pdf

Download (386kB)
[img] Text
932306218_Bab 3.pdf

Download (269kB)
[img] Text
932306218_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (523kB)
[img] Text
932306218_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB)
[img] Text
932306218_Bab 6.pdf

Download (263kB)
[img] Text
932212618_daftarpustaka.pdf

Download (130kB)
[img] Text
932212618_suratpernyataan.pdf

Download (316kB)

Abstract

ABSTRAK MUNAWAROH, LAILATUL, 2022. Dosen Pembimbing CHOIRUL ANNISA, M.Pd dan DWI SHINTA RAHAYU, M.Pd Pengaruh PMRI Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) Siswa Pada Materi Deret. Skripsi. Prodi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri. Kata kunci : Deret, Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS), PMRI. Penelitian ini berupa Pengaruh PMRI Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) Siswa Pada Materi Deret dengan tujuan untuk mengetahui seberapa besar Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) Siswa setelah diterapkan pendekatan PMRI pada materi deret. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas XI IPA 1 dan IPA 2 di SMAN 6 Kediri Tahun ajaran 2021 – 2022 yang berjumlah 30 siswa. pendekatan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif dengan desain Two Group Posstest Only Control menggunakan dua kelas sampel penelitian yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen akan diterapkan pembelajaran menggunakan pendekatan PMRI kemudian kelas kontrol akan diterapkan pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data melalui pemberian soal dengan tipe Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) kepada dua sampel penelitian yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol kemudian hasil postest dianalisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Karena data berdistribusi normal kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis parametrik. Berdasarkan hasil didapatkan hasil uji Independent sample T Test sig (2- tailed) 0,000 < 0.05. Artinya terdapat perbedaan rata-rata kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) siswa antara kelas eksperimen menggunakan pendekatan PMRI dengan siswa kelas kontrol menggunakan pendekatan konvensional. Besar nilai rata-rata hasil HOTS siswa pada dua kelas sampel dengan nilai rata – rata siswa kelas eksperimen sebesar 85,03 dan kelas kontrol sebesar 77,27. Berdasarkan hipotesis penelitian terdapat pengaruh positif pendekatan PMRI terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada materi deret.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES (Ilmu Matematika) > 0102 Applied Mathematics (Matematika Terapan) > 010201 Approximation Theory and Asymptotic Methods (Teori Pendekatan dan Metode Asimtotik)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Matematika dan Numerasi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: Lailatul Munawaroh
Date Deposited: 02 Dec 2022 08:47
Last Modified: 02 Dec 2022 08:47
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5715

Actions (login required)

View Item View Item