Internalisasi nilai-nilai aqidah dalam pembelajaran kitab aqidatul awam dengan metode lalaran di Madrasah Diniyah Bahrul Ulum Sambong

Maulana, Muhammad Kafaana (2022) Internalisasi nilai-nilai aqidah dalam pembelajaran kitab aqidatul awam dengan metode lalaran di Madrasah Diniyah Bahrul Ulum Sambong. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

This is the latest version of this item.

[img] Text
932103118_prabab.pdf

Download (528kB)
[img] Text
932103118_bab1.pdf

Download (296kB)
[img] Text
932103118_bab2.pdf

Download (283kB)
[img] Text
932103118_bab3.pdf

Download (251kB)
[img] Text
932103118_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (667kB) | Request a copy
[img] Text
932103118_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB) | Request a copy
[img] Text
932103118_bab6.pdf

Download (128kB)
[img] Text
932103118_daftarpustaka.pdf

Download (169kB)
[img] Text
932103118_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (927kB) | Request a copy
[img] Text
932103118_suratpernyataan.pdf

Download (125kB)

Abstract

Internalisasi adalah upaya menghayati dan mendalami nilai, agar nilai tersebut tertanam dalam diri setiap manusia. Dalam pembelajaran kitab aqidatul awam, nilai yang hendak diinternalisasikan adalah nilai-nilai aqidah. Nilai aqidah adalah segala sesuatu yang diyakini dan menyatu dalam tingkah laku seorang mukmin. Keterangan secara mendalam tentang rukun iman tercantum dalam kitab aqidatul awam. Untuk menghafal materi pembelajaran dari kitab-kitab yang berisi nadzam seperti kitab aqidatul awam, metode yang sering diterapkan adalah metode lalaran. Pembelajaran tentang nilai-nilai aqidah penting untuk dilakukan dilakukan sedini mungkin, agar santri memiliki pondasi aqidah yang benar dan dapat mewujudkan nilai-nilai tersebut dalam sikap dan perilakunya, juga untuk menanggulangi efek negatif dari lingkungan sosial yang kurang mencerminkan aqidah yang baik. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui upaya yang dilakukan ustadzah dalam menginternalisasikan nilai-nilai aqidah dalam pembelajaran kitab aqidatul awam dengan metode lalaran di kelas IV Madrasah Diniyah Bahrul Ulum Sambong dan juga untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam proses internalisasi tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Peneliti mewawancarai kepala madrasah, ustadzah, dan para santri kelas IV Madrasah Diniyah Bahrul Ulum Sambong. Peneliti terjun langsung ke lokasi penelitian untuk mengamati proses pembelajaran dan mencari dokumen-dokumen yang terkait dengan penelitian. Dalam menganalisa data, peneliti melakukan reduksi data, menyajikan data, dan menyimpulkan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode lalaran terbukti membantu santri dalam mengkristalkan pengetahuan dan pemahaman yang diperoleh dalam pembelajaran kitab aqidatul awam. Pengetahuan dan pemahaman tentang nilai-nilai aqidah yang diperoleh dikuatkan dengan pendekatan kontekstual, penegakan aturan, tanya jawab, dan peneladanan oleh ustadzah. Pengintegrasian nilai-nilai aqidah dalam diri santri akan membentuk konsep dan teraktualisasi dalam kegiatan santri sehari-hari. Pembiasaan hal-hal baik dilakukan untuk membantu proses internalisasi atau pembentukan karakter ini, seperti shalat ashar berjamaah dan membaca juz amma sebelum dilakukan pembelajaran. Faktor pendukung proses internalisasi ini adalah pembelajaran terencana, kompetensi ustadzah, kombinasi metode pembelajaran, dan keunggulan-keunggulan metode lalaran. Faktor penghambatnya adalah waktu yang singkat, ketidaktertiban santri, dan kelemahan metode lalaran bagi santri yang belum lancar baca tulis arab.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Kafaana Maulana
Date Deposited: 23 Aug 2022 04:30
Last Modified: 23 Aug 2022 04:30
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5702

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item