Lestari, Rizki Puji (2022) Strategi IPNU-IPPNU (Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama - Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama) Dalam Membentuk Karakter Religius Remaja Di Desa Pagu Kecamatan Wates Kabupaten Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932114018_prabab.pdf Download (448kB) |
|
Text
932114018_bab1.pdf Download (166kB) |
|
Text
932114018_bab2.pdf Download (208kB) |
|
Text
932114018_bab3.pdf Download (114kB) |
|
Text
932114018_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (563kB) |
|
Text
932114018_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (265kB) |
|
Text
932114018_bab6.pdf Download (52kB) |
|
Text
932114018_daftarpustaka.pdf Download (101kB) |
|
Text
932114018_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf Download (181kB) |
Abstract
ABSTRAK Lestari, Rizki Puji, 2022. Strategi IPNU-IPPNU (Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama - Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama) dalam Membentuk Karakter Religius Remaja di Desa Pagu Kecamatan Wates Kabupaten Kediri. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri. Pembimbing (1) Drs. H. Moh. Rois, M.A. dan (2) Sheila Fakhria, M.H. Kata Kunci: Strategi IPNU-IPPNU, Karakter Religius. Ditengah pesatnya kemajuan pengetahuan dan teknologi serta informasi, remaja harus menjadi manusia yang cerdas, terampil, beriman serta bertaqwa. Karena kalau tidak, remaja akan terbawa arus globalisasi dan modernisasi. Disnilah peran IPNU-IPPNU yaitu untuk mewadahi para generasi muda. IPNUIPPNU adalah organisasi yang dapat menjadi wadah seorang remaja dalam membentuk sikap religiusnya. Sehingga fokus penelitian ini adalah : (1) bagaimana cara IPNU-IPPNU dalam membentuk karakter religius remaja di Desa Pagu dan (2) apa faktor pendukung dan penghambat IPNU-IPPNU dalam membentuk karakter religius remaja di Desa Pagu. Melihat dari fokus penelitian yang dibahas, maka tujuan pada penelitian ini adalah untuk : (1) mendeskripsikan cara IPNU-IPPNU dalam membentuk karakter religius remaja di Desa Pagu dan (2) menganalisis faktor pendukung dan penghambat IPNU-IPPNU dalam membentuk karakter religius remaja di Desa Pagu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Untuk mengumpulkan data penelitian peneliti menggunakan beberapa metode, yaitu metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data peneliti melakukan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk pengecekan keabsahan data peneliti menggunakan perpanjangan keikutsertaan peneliti, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Tahap-tahap penelitian melalui tahap pra lapangan, tahap pelaksanaan, dan tahap akhir penelitian. Hasil penelitian dari temuan penelitian yakni: (1) cara IPNU-IPPNU dalam membentuk karakter religius remaja di Desa Pagu yaitu melakukan pendekatan dan menjalin keakraban dengan remaja melalui sesuatu yang disukai, dan mengenalkan dan mengajak remaja agar aktif mengikuti kegiatan keagamaan IPNU-IPPNU di Desa Pagu seperti kajian kitab kuning, khataman al-Qur’an, diba’an, ziarah makam, buka bersama TPQ se-Desa Pagu, syafari syawal, mauidhoh hasanah, dan PHBI. (2) faktor pendukung dan penghambat IPNU IPPNU dalam membentuk karakter religius remaja di Desa Pagu yaitu motivasi intrinsik, orang tua, dan lingkungan masyarakat. Sedangkan faktor penghambat IPNU-IPPNU dalam membentuk karakter religius remaja yaitu kurangnya kaderkader penggerak di setiap Dusun dan handphone.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education (Pendidikan Berkelanjutan dan Komunitas) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education (Pendidikan dan pelatihan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Rizki Puji Lestari |
Date Deposited: | 22 Aug 2022 02:34 |
Last Modified: | 22 Aug 2022 02:34 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5689 |
Actions (login required)
View Item |