Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Moderasi Beragama Di SMAN 1 Sooko Kabupaten Mojokerto

Fajriyah, Sinta Naila (2022) Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Moderasi Beragama Di SMAN 1 Sooko Kabupaten Mojokerto. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932127418_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932127418_bab1.pdf

Download (257kB)
[img] Text
932127418_bab2.pdf

Download (283kB)
[img] Text
932127418_bab3.pdf

Download (177kB)
[img] Text
932127418_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932127418_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB)
[img] Text
932127418_bab6.pdf

Download (69kB)
[img] Text
932127418_daftarpustaka.pdf

Download (136kB)

Abstract

SINTA NAILA FAJRIYAH, 2018. Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Moderasi Beragama di SMAN 1 Sooko Kabupaten Mojokerto, Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, Pembimbing (1)Moh. Zainal Fanani, M.Pd.I dan (2) Dr. Hj Najahah M.Ag. Kata kunci : Internalisasi Nilai, Pendidikan Agama Islam, Moderasi beragama. Moderasi beragama merupakan suatu sikap yang bertindak adil dengan cara bersikap seimbang antara pengamalan agama sendiri dan penghormatan kepada agama orang lain yang berbeda keyakinan. Tujuan diadakan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui internalisasi nilai-nilai pendidikan agama dalam menumbuhkan sikap komitmen kebangsaan di SMAN 1 Sooko Kabupaten Mojokerto, 2) Untuk mengetahui internalisasi nilai-nilai pendidikan agama islam dalam menumbuhkan sikap toleransi antar siswa yang berbeda agama di SMAN 1 Sooko Kabupaten Mojokerto, 3) Serta untuk mengetahui internalisasi nilai-nilai pendidikan agama islam dalam menumbuhkan sikap anti radikalisme dan anti kekerasan di SMAN 1 Sooko Kabupaten Mojokerto. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus yang dilakukan di SMAN 1 Sooko Kabupaten Mojokerto. Selain itu dalam penelitian ini, penulis menggunakan tiga instrument pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dalam penelitian ini menggunakan langkah-langkah diantaranya yaitu reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Dan untuk pengecekan keabsaan data dalam penelitian ini menggunakan teknik perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan triangulasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa: 1) Internalisasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam menumbuhkan sikap komitmen kebangsaan di SMAN 1 Sooko dilakukan dengan cara memberikan materi ukhuwah wathoniyah. Memberikan materi tentang pendidikan agama islam dalam materi akhlak terhadap sesama walaupun berbeda agama dan menyampaikan materi Hubbul Wathon Minal Iman. 2) Internalisasi nilai-nilai pendidikan agama islam dalam menumbuhkan sikap toleransi antar siswa yang berbeda agama di SMAN 1 Sooko dilakukan dengan cara memberikan materi tentang tasamuh, menanamkan sikap menghargai pendapat orang lain pada kegiatan Mubarohis (Musyawaroh Besar Rohani Islam), bekerjasama dan saling menghargai adanya sebuah kesetaraan pada saat kegiatan Pawai Ta’aruf pelaksanaan Hari Besar Islam. 3) Internalisasi nilai-nilai pendidikan agama islam dalam menumbuhkan sikap anti radikal dan anti kekerasan di SMAN 1 Sooko dilakukan dengan cara mengadakan kegiatan rutin OASE (Olah Spiritual dan Emosi), pemberian materi multikultural dan memberikan motivasi tentang perintah kasih sayang antar sesama seperti hal nya yang dilakukan oleh Rosulluloh Saw, pada kegiatan kultum dan pada saat peringatan hari besar Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130307 Ethnic Education (Pendidikan Etnis)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sinta Naila Fajriyah
Date Deposited: 22 Aug 2022 03:35
Last Modified: 22 Aug 2022 03:35
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5683

Actions (login required)

View Item View Item