Upaya Peningkatan Kualitas Lembaga Pendidikan Islam Di Madrasah Tsanawiyah NU Sidoarjo

Niswatin, Elma (2022) Upaya Peningkatan Kualitas Lembaga Pendidikan Islam Di Madrasah Tsanawiyah NU Sidoarjo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932110418_prabab.pdf

Download (405kB)
[img] Text
932110418_bab1.pdf

Download (432kB)
[img] Text
932110418_bab2.pdf

Download (356kB)
[img] Text
932110418_bab3.pdf

Download (332kB)
[img] Text
932110418_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (714kB)
[img] Text
932110418_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (470kB)
[img] Text
932110418_bab6.pdf

Download (190kB)
[img] Text
932110418_daftar pustaka.pdf

Download (312kB)
[img] Text
932110418_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932110418_surat pernyataan.pdf

Download (330kB)

Abstract

Pendidikan merupakan kunci utama dalam pembentukan kualitas sumber daya manusia. Setiap lembaga menjadi sandaran masyarakat guna menitipkan anaknya untuk menjadi anak yang berkualitas dengan program yang sudah direncanakan oleh sekolah. Maka perwujudan manusia yang berkualitas menjadi tanggung jawab lembaga pendidikan guna mempersiapkan peserta didik yang unggul profesional dan bermutu dalam bidangnya masing-masing. Setiap lembaga pasti memiliki upaya untuk menarik minat mayarakat sehingga dapat tertarik untuk bersekolah di Madrasah Tsawiyah NU Sidoarjo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Upaya peningkatan kualitas lembaga pendidikan islam di Madrasah Tsanawiyah NU Sidoarjo. 2) Faktor pendukung dan penghambat upaya peningkatan kualitas lembaga pendidikan islam di Madrasah Tsanawiyah NU Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian bersifat deskriptif. Data yang digunakan ialah data primer dan sekunder. Adapun sumber data yang dipilih adalah kepala madrasah, waka kurikulum,Waka humas, dan juga guru. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Pengecekan keabsahan data dilakukan melalui ketekunan pengamatan, triangulasi sumber dan teknik Sedangkan analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Upaya peningkatan kualitas lembaga pendidikan islam di Madrasah Tsanawiyah NU Sidoarjo, dilakukan melalui beberapa tahapan: a) selalu mengadakan rapat RKAM setiap awal tahun; b) Mengikuti bimtek yang diselenggarakan oleh Kemenag, Kemendikbud, dan LP Ma’arif serta mengikuti berbagai lomba, akademis dan non akademis sampai skala nasional; c) Menjalin hubungan kerjasama dan komunikasi yang baik dengan wali murid; d) menggunakan kurikulum yang sesuai dengan perkembangan zaman. 2) Faktor pendukung dan penghambat upaya peningkatan kualitas lembaga pendidikan islam di Madrasah Tsanawiyah NU Sidoarjo: a) Faktor pendukung dilihat dari memiliki Kinerja guru (SDM), Lingkungan sekolah yang nyaman, sarana prasarana mewadai dan peran masyarakat. b) Faktor penghambat: Dari segi ekonomi, peserta didik rata-rata kalangan menengah kebawah yang menyebabkan banyak tunggakan, sehingga dalam untuk pemenuhan infrastruktur secara lengkap sedikit mengalami hambatan dan intake peserta didik madrasah masih dianggap kalah saing dengan sekolah negeri sehingga madrasah kerap dijadikan pilihan kedua.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Elma Niswatin
Date Deposited: 07 Sep 2022 08:02
Last Modified: 07 Sep 2022 08:02
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5659

Actions (login required)

View Item View Item