Kajian Kritis Pendidikan Islam (Konsep Pendidikan Perspektif Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah dan Kontribusinya dalam Pendidikan Islam)

Naja, Mohammad Syaifun (2022) Kajian Kritis Pendidikan Islam (Konsep Pendidikan Perspektif Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah dan Kontribusinya dalam Pendidikan Islam). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932106215_prabab.pdf

Download (783kB)
[img] Text
932106215_bab1.pdf

Download (209kB)
[img] Text
932106215_bab2.pdf

Download (567kB)
[img] Text
932106215_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (408kB)
[img] Text
932106215_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (95kB)
[img] Text
932106215_bab5.pdf

Download (80kB)
[img] Text
932106215_daftarpustaka.pdf

Download (98kB)

Abstract

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konsep pendidikan Islam perspektif Ibnu Qayyim adalah mencakup tarbiyah qalb (pendidikan hati) dan tarbiyah badan secara sekaligus. Adapun konsep pendidikan Islam menurut Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah adalah: tujuan pendidikan yang diarahkan pada empat aspek tujuan yaitu: tujuan jismiyyah (fisik), tujuan akhlakiyyah (akhlak), tujuan fikriyyah (akal) dan tujuan maslakiyyah (skill). Sasaran pendidikan yang diarahkan pada sembilan sasaran pendidikan yaitu: pendidikan imaniyyah (iman), pendidikan ruhiyyah (rohani), pendidikan ‘athifiyyah (perasaan), pendidikan khulukiyyah (akhlak), pendidikan ijtimaiyyah (bermasyarakat), pendidikan iradiyyah (kehendak), pendidikan badaniyyah (jasmani) dan pendidikan jinsiyyah (seksual). Teori tarbiyah Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah adalah sebuah teori yang jelas keasliannya dan dinamis, dihiasi dengan ruh pembaharuan, yang memadukan antara keaslian (original) dan kekinian, karena bersandar pada dien Islam yang langgeng dan pondasinya yang kuat. Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah juga orang yang pertama yang mengatakan tentang pembinaan skill, ketika hendak menggali keahlian (skill) anak didik dan mengarahkannya kearah yang lebih baik yang nantinya akan mewujudkan kemaslahatan individu dan umat pada umumnya. Jadi masyarakat muslim memiliki konsep tarbiyah yang tersendiri. Tidak akan sesuai bagi mereka pola (sistem) tarbiyah apa pun yang dibangun di atas falsafah sesat, seperti falsafah komunis dan kapitalis. Menerapkan selain tarbiyah Islamiyah dalam masyarakat muslim akan mendatangkan bencana, kecelakaan dan menghapus ashlahah Islamiyah. Sasarannya ditetapkan dengan jelas dan bertujuan membentuk dan mewujudkan pribadi yang salih dan masyarakat yang shalih (baik).

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Syaifun Naja
Date Deposited: 16 Aug 2022 07:10
Last Modified: 16 Aug 2022 07:10
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5654

Actions (login required)

View Item View Item