Roifah, Miftakhur (2015) Peran Guru Akidah Akhlak Dalam Pembinaan Akhlakul Karimah Siswa Kelas VII Di MTs N Mojoroto Kota Kediri Tahun 2015. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932115811_prabab.pdf Download (351kB) |
|
Text
932115811_bab1.pdf Download (317kB) |
|
Text
932115811_bab2.pdf Download (366kB) |
|
Text
932115811_bab3.pdf Download (352kB) |
|
Text
932115811_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (441kB) |
|
Text
932115811_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (626kB) |
|
Text
932115811_bab6.pdf Download (196kB) |
|
Text
932115811_daftarpustaka.pdf Download (305kB) |
Abstract
ABSTRAK MIFTAKHUR ROIFAH, Dosen Pembimbing Drs.H.M.NOER HADI, MA dan Dr. IWAN MARWAN, M.Hum.: Peran Guru Akidah Akhlak dalam Pembinaan Akhlakul Karimah Siswa Kelas VII di MTs N Mojoroto Kota Kediri Tahun 2015, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, STAIN Kediri, 2015. Kata kunci: Peran Guru Akidah Akhlak, Pembinaan Akhlakul Karimah. Pada umumnya siswa MTsN Mojoroto Kota Kediri sudah berakhlak baik. Tujuan pembinaan akhlak yang dilakukan guru akidah akhlak yaitu untuk membina akhlak siswa menjadi lebih baik. Fokus penelitian ini bertujuan mengetahui strategi guru akidah akhlak dalam pembinaan akhlakul karimah siswa kelas VII, mengetahui pendekatan guru akidah akhlak dalam pembinaan akhlakul karimah siswa kelas VII dan mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat guru akidah akhlak dalam pembinaan akhlakul karimah siswa kelas VII. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data, wawancara, observasi, dokumentasi, analisis data dan pengecekan keabsahan data. Seluruh data diperoleh dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara menelaah seluruh data yang ada dan reduksi data. Hasil penelitian ini, yaitu 1) strategi guru akidah akhlak dalam pembinaan akhlakul karimah siswa kelas VII meliputi, menggunanakan metode cerita dan metode nasehat; 2) pendekatan yang dilakukan guru akidah akhlak dalam pembinaan akhlakul karimah siswa kelas VII diantaranya: pendekatan religi dan pendekatan edukatif; 3) faktor pendukung dalam pembinaan akhlakul karimah siswa kelas VII meliputi: a). Tenaga pendidik PAI yang banyak dan berkompeten, b). Adanya reward dan punishment, c). Adanya kegiatan shalat jum'at berjama'ah di sekolah bagi siswa putra, d). Adanya dukungan dari orang tua.; 4) Faktor penghambat dalam pembinaan akhlakul karimah siswa kelas VII meliputi : a). Faktor lingkungan yang ada di luar MTsN Mojoroto, b). Maraknya handphone yang disalahgunakan, c). Adanya faktor keluarga yang masih minim tentang pengetahuan agama, d). Adanya tayangan televisi yang berdampak buruk pada anak.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah) 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220403 Islamic Studies (Studi Islam) > 22040302 Morals and Sufism (Akhlak dan Tasawuf) > 2204030201 Morals (Akhlak) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mokamad Mahbub Junaidi |
Date Deposited: | 15 Aug 2022 04:19 |
Last Modified: | 15 Aug 2022 04:19 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5641 |
Actions (login required)
View Item |