Metode Jigsaw Learning Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Bidang Studi Qur’an Hadits Siswa Kelas XI IPA1 Man Purwoasri Kediri Tahun 2015

Ma'sum, Muhammad Ali (2015) Metode Jigsaw Learning Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Bidang Studi Qur’an Hadits Siswa Kelas XI IPA1 Man Purwoasri Kediri Tahun 2015. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932109411_prabab.pdf

Download (971kB)
[img] Text
932109411_bab1.pdf

Download (464kB)
[img] Text
932109411_bab2.pdf

Download (544kB)
[img] Text
932109411_bab3.pdf

Download (405kB)
[img] Text
932109411_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (747kB)
[img] Text
932109411_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB)
[img] Text
932109411_bab6.pdf

Download (118kB)
[img] Text
932109411_daftarpustaka.pdf

Download (212kB)

Abstract

ABSTRAKSI MUHAMMAD ALI MA’SUM. Dosen Pembimbing Dr. H. Anis Humaidi, M.Ag dan Dr. H. Syamsul Huda, M. Ag: Metode Jigsaw Learning Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Bidang Studi Qur’an Hadits Siswa Kelas XI IPA1 MAN Purwoasri Kediri Tahun 2015 Kata kunci: Metode Jigsaw Learning, prestasi pembelajaran. Metode merupakan bagian penting dalam pembelajaran. Guru wajib menggunakan metode jika menginginkan peningkatan hasil belajar yang maksimal. Metode Jigsaw salah satu metode yang diyakini mampu meningkatkan prestasi siswa.Dengan Jigsaw diharapkan adanya peningkatan prestasi siswa kelas XI IPA 1 MAN Purwoasri pada pelajaran al-Quran HadistFokus penelitian ini adalah a) Bagaimana penerapan metode Jigsaw untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Qur’an hadist pada siswa kelas XI IPA 1 MAN Purwoasri? b) Apakah metode Jigsaw efektif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Qur’an hadist pada siswa kelas XI IPA 1 MAN Purwoasri? Penelitian yang dilakukan oleh penulisini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian berupa penelitian tindakan kelas. Dalam penelitian in imenggunakan dua siklus.Sumber data dalam penelitian ini dibagi menjadi dua, yaitu sumber data tertulis dan tidak tertulis. Untuk teknik pengumpulan datanya peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis data dilakukan melalui tiga jalur, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa penerapan metode Jigsaw yang meliputipembagiankelompok Jigsaw yakni kelompok asal dan kelompok ahli, presentasi dan evaluasi dapat diperoleh sebagai berikut: Dari dua siklus dengan menggunakan metode Jigsaw yang dilakukan selama tindakan menggambarkan bahwa pada siklus 1 hasil pembelajaran belum begitu memuaskan dimana data menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa kelas XI IPA 1 MAN Purwoasri adalah 74 dengan presentase ketuntasan 66,6%, yaitu 7 siswa yang tidak tuntas dan 14 siswa yang tuntas pada siklus I ini. Selanjutnya untuk menguji keefektifan metode jigsaw ini peneliti melanjutkan dengan siklus 2. Dan hasilnya rata-rata siswa kelas XI IPA 1 MAN Purwoasri adalah 93,1 dengan prosentase ketuntasan 100%, yaitu 21 siswa yang tuntas dan 0 siswa yang tidak tuntas pada siklus II ini. Prestasi belajar ini bisa dikatakan baik (93,1), karena sebagian besar siswa mendapatkan nilai di atas ketuntasan belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021403 Thuruq al-Tadris (Teaching Methods)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 15 Aug 2022 03:42
Last Modified: 15 Aug 2022 03:53
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5634

Actions (login required)

View Item View Item