Husna, Habibatul (2015) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas VII Di UPTD SMP Negeri 1 Kepung Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932101311_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
932101311_bab1.pdf Download (338kB) |
|
Text
932101311_bab2.pdf Download (650kB) |
|
Text
932101311_bab3.pdf Download (377kB) |
|
Text
932101311_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (345kB) |
|
Text
932101311_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (322kB) |
|
Text
932101311_bab6.pdf Download (200kB) |
|
Text
932101311_daftarpustaka.pdf Download (131kB) |
Abstract
ABSTRAK HABIBATUL HUSNA, Dosen Pembimbing Drs. H.M. Noer Hadi, MA dan Ahmad Taufiq. S.Ag., M.Si.: Upaya Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas VII Di UPTD SMP Negeri 1 Kepung, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, STAIN Kediri, 2015. Kata Kunci: Guru Pendidikan Agama Islam, Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) merupakan salah satu mata pelajaran yang diberikan kepada siswa mulai dari tingkat dasar sampai perguruan tinggi. Prestasi belajar adalah “hasil yang diperoleh seseorang setelah mengalami proses belajar. Salah satu cara untuk meningkatkan prestasi belajar siswa adalah perlu adanya upaya yang maksimal dari seorang guru. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana prestasi belajar siswa?, (2) Bagaimana upaya guru PAI dalam meningkatkan prestasi belajar siswa?, (3) Apa yang menjadi faktor penghambat dan pendukung dalam meningkatkan prestasi belajar siswa?. Tujuan Penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui prestasi belajar siswa. (2) Untuk mengetahui upaya guru PAI dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. (3) Untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini bersifat deskriptif dan analisa data secara induktif. Dalam pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi serta wawancara. Di mana ketiga komponen tersebut merupakan suatu rangkaian yang tidak terpisahkan guna memperoleh data penelitian, oleh karena itu analisa data menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: (1) prestasi belajar siswa terdapat dari 3 aspek yaitu: aspek kognitif sudah cukup bagus, aspek afektif merupakan sikap dan tingkah laku siswa, aspek psikomotornya kurang begitu memuaskan. (2) Upaya yang dilakukan guru PAI yaitu: (a) penggunaan mushola. (b) melalui kegiatan extra kurikuler dan intra kulikuler. (c) pemberian kuis pada siswa. (d) diberi selingan cerita pada saat proses pembelajaran. (e) pembiasaan praktek sholat dhuha. (3) Faktor pendukungnya yaitu: (a) Penyediaan buku PAI. (b) Fasilitas ibadah mushola. (c) Penyampaian materi yang diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. (3) Faktor Penghambatnya yaitu: (a) Kurangnya penyediaan meja. (b) Evaluasi yang menyangkut perilaku siswa, hanya sekedar pelengkap saja.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mokamad Mahbub Junaidi |
Date Deposited: | 12 Aug 2022 07:08 |
Last Modified: | 12 Aug 2022 07:08 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5616 |
Actions (login required)
View Item |