Wati, Betty Kurnia (2015) Sistem Point Dalam Membentuk Kedisiplinan Peserta Didik Di MAN 3 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932119311_prabab.pdf Download (475kB) |
|
Text
932119311_bab1.pdf Download (542kB) |
|
Text
932119311_bab2.pdf Download (579kB) |
|
Text
932119311_bab3.pdf Download (388kB) |
|
Text
932119311_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (427kB) |
|
Text
932119311_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (546kB) |
|
Text
932119311_bab6.pdf Download (288kB) |
|
Text
932119311_daftarpustaka.pdf Download (132kB) |
Abstract
ABSTRAK BETTY KURNIA WATI, Dosen Pembimbing Dr. H. Anis Humaidi, M.Ag dan Dr. H. Syamsul Huda, M.Ag : Sistem Point Dalam Membentuk Kedisiplinan Peserta Didik Di Man 3 Kota Kediri, Propinsi Jawa Timur, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, STAIN Kediri, 2015. Kata Kunci: Sistem Point, Kedisiplinan Disiplin merupakan hal yang penting bagi kehidupan dan perilaku seorang siswa. Namun, dewasa ini telah kita jumpai masih banyaknya pelajar, baik pelajar SMP maupun SMA yang kurang peduli tentang pentingnya kedisiplinan. Pemberitaan di media massa dan elektronik akhir-akhir ini menggambarkan bahwa tingkat kedisiplinan siswa umumnya masih tergolong memprihatinkan. Kwantitas pelanggaran yang dilakukan siswa dari waktu ke waktu seperti banyaknya siswa yang membolos pada waktu jam pelajaran, terlambat datang ke sekolah, sering tidak masuk sekolah tanpa alasan, malas belajar, tidak mengerjakan tugas-tugas dari guru, merokok di sekolah, dll. Dari konteks penelitian diatas, maka penulis ingin mengetahui bagaimana penerapan sistem point di MAN 3 Kediri, bagaimana tingkat kedisiplinan siswa di MAN 3 Kediri, dan bagaimana peran sistem point dalam membentuk kedisiplinan siswa di MAN 3 Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara mendalam, observasi, dokumentasi untuk mengetahui penerapan pointnya. Analisis dilakukan dengan memaparkan data secara rinci yaitu dikelompokkan dan dikategorikan, dan penarikan kesimpulan terkait data-data yang sudah dipaparkan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Penerapan sistem point di MAN 3 Kediri sesuai dengan kajian teori yang telah dibahas, dari mulai krakteristik, prinsip, tujuan, jenis maupun hal-hal lain yang perlu diperhatikan dalam mengimplementasikan metode hukuman dalam dunia pendidikan. Sedangkan kedisiplinan siswa setelah adanya penerapan point ini menjadi lebih baik, seperti: mematuhi tata tertib sekolah, jumlah siswa terlambat semakin berkurang, siswa yang sering alfa sudah hampir tidak ada, siswa lebih aktif mengikuti jama’ah shalat Dzuhur, dll.Dengan adanya peran point ini akan memunculkan banyak perubahan positif pada peserta didik. Siswa akan merasa takut, malu dan merasa jera jika mereka harus menerima point pelanggaran sehingga mereka akan mendapat sanksi. Sehingga kemerosotan moral siswa dapat diminimalisir dan dibentuk dengan adanya paksaan-paksaan serta bimbingan untuk memamutuhi peraturan yang ada di sekolah.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) |
Depositing User: | Mokamad Mahbub Junaidi |
Date Deposited: | 12 Aug 2022 06:43 |
Last Modified: | 12 Aug 2022 06:43 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5612 |
Actions (login required)
View Item |