'Udhma, Alifa Nurul (2022) Moderasi Beragama Sebagai Upaya Untuk Menangkal Ekstremisme Beragama Di MA Ma'arif Udanawu. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932127118_prabab.pdf Download (3MB) |
|
Text
932127118_bab1.pdf Download (443kB) |
|
Text
932127118_bab2.pdf Download (550kB) |
|
Text
932127118_bab3.pdf Download (339kB) |
|
Text
932127118_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (22MB) |
|
Text
932127118_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (637kB) |
|
Text
932127118_bab6.pdf Download (513kB) |
|
Text
932127118_daftarpustaka.pdf Download (416kB) |
|
Text
932127118_suratpernyataan.pdf Download (406kB) |
Abstract
Agama Islam merupakan agama yang mengandung nilai-nilai kemanusiaan dan kedamaian bagi seluruh alam. Tetapi faktanya banyak praktek beragama yang jauh dari hakikat Islam yang raḥmatal lil-'ālamīn itu sendiri, pemahaman ekstrem liberal maupun radikal dalam beragama banyak terjadi pada remaja dimana masa-masa seseorang mencari jati diri. Maka dari itu peran lembaga madrasah dalam hal ini sangat penting dalam menanamkan moderasi beragama sebagai ikhtiar dalam membentengi siswa dari pemahaman ekstrem dalam beragama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Bagaimana perencanaan moderasi beragama di MA Ma’arif Udanawu Blitar; (2) Bagaimana implementasi moderasi beragama di MA Ma’arif Udanawu Blitar; (3) Hasil implementasi moderasi beragama di MA Ma’arif Udanawu. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data dilakukan melalui triangulasi sumber dan teknik. Dengan model analisis data dari Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan perencanaan moderasi beragama di MA Ma’arif Udanawu dilakukan disetiap elemen lembaga madrasah, diantaranya melalui sosialisasi dan pelembagaan moderasi beragama ke dalam kebijakan madrasah. Dengan mengimplementasikan nilai nilai moderasi beragama di setiap kegiatan pembelajaran dengan menanamkan (1) pendidikan damai, menghormati hak asasi manusia dan persahabatan antara bangsa, ras dan kelompok agama; (2) Pendidikan yang memuat ajaran toleransi dan pluralisme; (3) Pendidikan yang anti radikalisme dan kekerasan; (4) Pendidikan yang mengajarkan komitmen kebangsaan; (5) Menerapkan pendidikan yang menyeimbangkan antara wawasan intelektual, wawasan spiritual dan akhlak, dan keterampilan. Implementasi nilai-nilai moderasi beragama di MA Ma’arif Udanawu tersebut membuahkan siswa dengan pemikiran beragama dan berakhlak yang mencerminkan sikap tawāsuth, tawāzun, tasāmuḥ dan i'tidāl.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama) 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220403 Islamic Studies (Studi Islam) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Alifa Nurul 'Udhma |
Date Deposited: | 15 Aug 2022 02:55 |
Last Modified: | 15 Aug 2022 02:55 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5608 |
Actions (login required)
View Item |