Fauziyah, Maulida (2022) Ketrampilan Mengelola Kelas Guru Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 2 Prambon Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932127918_pra bab.pdf Download (901kB) |
|
Text
932127918_bab1.pdf Download (296kB) |
|
Text
932127918_bab2.pdf Download (399kB) |
|
Text
932127918_bab3.pdf Download (308kB) |
|
Text
932127918_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (786kB) |
|
Text
932127918_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (285kB) |
|
Text
932127918_bab6.pdf Download (9kB) |
|
Text
932127918_daftar pustaka.pdf Download (88kB) |
|
Text
932127918_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
932127918_Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf Download (131kB) |
Abstract
Fauziyah, Maulida, 2022. Ketrampilan Mengelola Kelas Guru Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 2 Prambon Nganjuk, Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri. Pembimbing (1) Dr. Muhamad Yasin, S.Ag. M.Pd. dan (2) M. Nabil Khasbullah, M.Pd.I Kata Kunci: Ketrampilan, Mengelola Kelas Ketrampilanguru dalam mengelola kelas suatu usaha guru memecahkan masalah guna pencapaian kompetensi peserta didik dalam mengikuti pembelajaran. Fokus dari penelitian ini adalah (1) bagaimana ketrampilan guru Pendidikan Agama Islam dalam mengelola kelas di SMP Negeri 2 Prambon Nganjuk? (2) Apakah faktor pendukung dan penghambat guru Pendidikan Agama Islam dalam mengelola kelas di SMP Negeri 2 Prambon Nganjuk?. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan ketrampilan guru Pendidikan Agama Islam dalam mengelola kelas di SMP Negeri 2 Prambon. (2) mendeskripsikan faktoe pendukung dan penghambat guru Pendidikan Agama Islam dalam mengelola kelas di SMP Negeri 2 Prambon. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian adalah guru Pendidikan Agama Islam dan peserta didik yang ada di SMP Negeri 2 Prambon Nganjuk. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Lokasi penelitian ini di SMP Negeri 2 Prambon Nganjuk. Teknik pengolahan dan analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, waktu dan teknik. Informasi yang diambil dalam penelitian ini meliputi guru dan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketrampilan mengelola kelas sangat penting dalam proses belajar mengajar di SMP Negeri 2 Prambon Nganjuk: (1) ketrampilan guru Pendidikan Agama Islam dalam mengelola kelas di SMP Negeri 2 Prambon Nganjuk adalah dengan: guru mengelola kelas dan mengelola tempat duduk peserta didik, guru senantiasa hadir membagi perhatian kepada semua peserta didik, guru mengalokasikan waktu pembelajaran, guru menangani perilaku peserta didik yang sering ribut serta malas dalam mengerjakan. (2) Apakah faktor pendukung dan penghambat guru Pendidikan Agama Islam dalam mengelola kelas di SMP Negeri 2 Prambon Nganjuk. Faktor pendukung dari pengelolaan kelas yaitu: Pertama, ruang kelas yang luas yang membuat peserta didik nyaman untuk bergerak di SMP Negeri 2 Prambon Nganjuk. Kedua, ketersediaan buku pembelajan dan media pembelajaran yang sudah cukup di SMP Negeri 2 Prambon Nganjuk. Sedangkan yang menjadi faktor penghambat yakni: Pertama, kurangnya metode pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam mengajar di SMP Negeri 2 Prambon Nganjuk. Kedua, ada perilaku peserta didik yang sering ribut dan tidur serta menggangu temannya di dalam kelas.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Maulida Fauziyah |
Date Deposited: | 21 Nov 2022 04:07 |
Last Modified: | 21 Nov 2022 04:07 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5601 |
Actions (login required)
View Item |